9 Pelaut Indonesia akhirnya Pulang, Rulianus Patandean : Special thanks to Dewi Sartika Pasande

Tim iNews Id
Ilustrasi kapal. Foto: Istimewa

SANGTORAYAN, iNews.id - Sempat ditahan oleh otoritas pemerintah China, sebanyak 9 orang pelaut asal Indonesia telah dipulangkan dan berkumpul dengan keluarga mereka pada Rabu (13/8/2024) kemarin.

Mereka sempat ditahan karena bermasalah diperairan laut China. Selaku Wakil Ketua PMTI Bidang Luar Negeri, Dewi Sartika Pasande segera bertindak untuk memulangkan para crew kapal MT Taishan tersebut.

"Iya benar, jadi waktu kami mendapatkan informasi itu kami langsung mengecek dan langsung mengurus dan mengupayakan kepulangan para pelaut itu karena dari kesembilan pelaut itu ada 3 orang Toraja," kata Dewi Sartika Pasande kepada iNews.id, Rabu (21/8/2024).

Rulianus Patandean selaku perwakilan dari 9 orang pelaut tersebut mengungkapkan terima kasih kepada Pengurus PMTI Pusat terkhusus Dewi Sartika Pasande yang telah membantu pengurusan kepulangan mereka.

"Saya bersama rekan saya mengucapkan terimakasih banyak kepada pengurus PMTI Pusat, sepesial kepada Ibu Dewi Sartika Pasande selaku Wakil Ketua PMTI bidang luar negeri yang telah mengupayakan dan membantu kepulangan kami ke Indonesia dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga," ungkap Rulianus Patandean.

Sementara itu Dewi Sartika Pasande masih melakukan koordinasi dengan pihak KBRI dan Kemenlu RI untuk mengupayakan 2 Pelaut lainnya yang masih di China.

"Saya terus melakukan koordinasi dengan KBRI setempat Kemenlu, jika semua dokument selesai mereka langsung di pulangkan ke indonesia," tutup Dewi Sartika Pasande, Wakil Ketua PMTI Bidang Luar Negeri.

Editor : Jufri Tonapa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network