Peluncuran Aplikasi PASSURA, Diharapkan sebagai Wadah Melestarikan Seni Ukir Toraja

Tim iNews Id
Peluncuran aplikasi PASSURA, pada Senin (2/3/2024). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.id - Peluncuran aplikasi PASSURA diadakan oleh info Toraja yang dirangkaikan diskusi "Ukiran Toraja Seni, Indentitas dan Warisan Budaya Toraja" yang berlangsung di Toraja Hertage pada Senin (2/9/2024) kemarin.

Peluncuran aplikasi PASSURA dibuka Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang, dihadiri oleh pelaku ekonomi Kreatif dan UMKM , Pemandu wisata serta para penggiat budaya seni ukir Toraja dari Toraja Utara dan Tana Toraja 

Adapun para peserta yang hadir mendapatkan materi dan sesi tanyajawab yang dibawakan narasumber dari Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman ) Toraya, Romba Marannu Sombolinggi dan Pemerhati budaya seni ukir (PASSURA )Toraja , Pastor Yan Sulo Panganna tentang indigenous people (berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, bermartabat secara Budaya) dan Pendekatan lewat simbol budaya, pesan dan makna motif.

Sekretaris Daerah Toraja Utara , Salvius Pasang dalam sambutanya mengatakan Kehadiran kita dalam kegiatan ini akan mengambil bagian dalam satu pembangunan dan mengembangkan PASSURA Toraja.

"Masyarakat Toraja untuk mengambil langkah langkah kongkret dalam mengembangkan budaya lebih khusus untuk mengembangkan PASSURA dan membawa Mamfaat bagi kita semua," Harap Salvius Pasang.

Jenot selaku owner info Toraja yang juga ketua yayasan Ketora sekaligus membuat aplikasi PASSURA menyampaikan, bahwa aplikasi ini dibuat agar mempermudah dalam mencari nama ukiran Toraja.

Aplikasi PASSURA saya buat tidak mencari keuntungan sama sekali .hanya semata untuk mempermudah kita dalam mengetahui arti dan makna ukiran Toraja tersebut dalam bentuk aplikasi.

"Aplikasi ini bukan aplikasi pra bayar dan tidak memasangkan iklan, aplikasi ini gratis," ucap Jenot.

Editor : Jufri Tonapa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network