Ditintelkam Polda Sulsel Gelar FGD Ciptakan Pemilu 2024 di parepare

Yoel Yusvin
Suasana FGD Deklarasi Pemilu Damai yang Digelar Direktorat Intelkam Polda Sulsel, Bersama Tokoh Agama, Pemuda dan Mahasiswa, di Parepare. ( dok.istimewa )

PAREPARE - Direktorat Intelejen Keamanan (Ditintelkam) Polda Sulsel menggelar kegiatan deklarasi sekaligus dialog kebangsaan anti intoleransi dan radikalisme dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 di Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (27/11).

Dalam kegiatan tersebut Ditintelkam Polda Sulsel mengajak Forkopimda Parepare bersama tokoh agama, pemuda dan mahasiswa untuk sama menghindari bahaya disintegrasi bangsa, serta menolak segala bentuk intoleransi antar umat beragama dalam menghadapi Pemilu 2024 untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Wakapolres Parepare Kompol Muttalib, Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir, Ka Badan Kesbangpol dan Linmas Parepare Rustan Asta, Ketua FKUB Zainal Arifin, Ketua Brigade Muslim Indonesia Muhammed Zulkifli, Kakamenag Parepare Fitriadi, dan Unit 5 Subdit Kamneg Ditintelkam Polda Sulsel yang dipimpin AKP Yusran.

Kemudian hadir juga Ketua DPD KNPI Parepare Muh Ramdhan, Ketua Pemuda Pancasila Parepare Fadly Agus Mante, Ketua GP Ansor Parepare Awal H. Arsyad, serta perwakilan Kampus yang ada di Parepare.

Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya untuk para stakeholder terkait yang telah mendukung terciptanya giat deklarasi dan dialog ini.

Menurut dia, deklarasi dan dialog ini penting untuk meninggalkan paham yang bertujuan untuk melemahkan ideologi negara.

"Diharapkan seluruh yang mengikuti kegiatan dapat berpegang teguh pada Pancasila dan NKRI sebagai ideologi negara demi terciptanya Indonesia yang maju dan dapat bersaing dengan bangsa lain," ujarnya.

Kaharuddin mengatakan, ancaman intoleransi dan radikalisme telah  masuk pada tataran muda bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk mencegahnya harus dibangun komitmen secara bersama.

"Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan meningkatkan komitmen sikap saling menghargai dan toleransi. Kunci kesuksesan suatu negara adalah komunikasi yang baik," katanya.

Untuk itu, dirinya pun mengajak semua unsur yang ada di dalam pemerintahan dan masyarakat secara umum, menjaga persatuan dan keamanan di Kota Parepare. "Agar semua ormas yang berada di Kota Parepare solid menjaga keamanan menjelang Pemilu 2024," tandasnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Wakapolres Parepare Kompol Muttalib juga mengapresiasi seluruh peserta serta panitia pelaksana kegiatan deklarasi dan dialog dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di Parepare.

"Sebagai pihak pengamanan kami akan tetap menjaga persatuan serta kesatuan bangsa. Intoleransi ini dapat menganggu stabilitas keamanan di Parepare sehingga mari kita bersama sama menjaga sehingga kita terhindar dari intoleransi dan radikalisme," ucapnya.

Dirinya pun mengajak semua pihak untuk sama tidak mudah terpengaruh dengan pemahaman yang salah. "Mari kita tetap menjaga keamanan Parepare dan mensukseskan pesta Demokrasi di tahun 2024," pungkasnya.

Editor : Jufri Tonapa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network