Eva Rataba Ingatkan Operator Dapodik Harus Pastikan Data Siswa yang Tidak Mampu Layak Terima PIP

Tim iNews Id
Eva Stevany Rataba Anggota DPR RI Komisi X Fraksi NasDem (kanan). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.id - Eva Stevany Rataba Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai NasDem mewarning pihak operator dapodik sekolah untuk memastikan data siswa yang di input layak untuk menerima Program Indonesia Pintar baik jalur reguler dan aspirasi.

Hal ini diungkapkan Anggota DPR RI Komisi X, Eva Stevany Rataba saat menyerahkan SK PIP jalur aspirasi kepada ribuan siswa di gedung pemuda Van de Loosdrecht Jumat (25/10/24).

"Tolong operator sekolah periksa baik-baik data siswa, karena operator yang tahu data siswa itu apakah siswa tidak mampu atau berasal dari keluarga yang mampu atau keluarga kaya," ungkap Eva Stevany Rataba.

Eva menyebut bahwa penginputan data siswa oleh operator sekolah harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, dengan memperhatikan data-data pendukung.

"Seperti ada kasus, ada anak Bupati atau pejabat yang notabenenya orang kaya didata Dapodik sekolah layak untuk mendapatkan PIP, sementara anaknya kuli bangunan tidak layak, ini kan tidak adil. Jadi tolong input data siswa dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya supaya yang layak mendapatkan bantuan PIP jalur aspirasi kita usulkan," jelas Eva Rataba yang memiliki tugas kewenangan untuk mengawasi bidang pendidikan di Indonesia.

Terkait hal tersebut, diketahui sebelumnya telah viral di media sosial anak pejabat negara di Toraja Utara menerima SK Nominasi PIP jalur aspirasi.

Editor : Jufri Tonapa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network