get app
inews
Aa Read Next : Polisi dan Warga Cari Nenek Tumba' yang Hilang di Buntu Pepasan Toraja Utara

Waspada! Hasil Laboratorium BBVet Maros 71 Kerbau di Toraja Utara Positif PMK

Sabtu, 09 Juli 2022 | 17:37 WIB
header img
Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara saat melakukan pemeriksaan kepada kerbau di Pasar Hewan Bolu. Foto: iNews Toraja/Alfin

TORAJA UTARA, iNews.id - Hasil pemeriksaan laboratorium Balai Besar Veteriner Maros, 71 kerbau di Toraja Utara yang telah diambil sampel darah dan swabnya positif PMK.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Toraja Utara, Lukas Pasarai Datubari mentakan bahwa dari uji lab yang dilakukan oleh Balai Besar Veteriner Maros untuk kerbau di Toraja Utara yang dinyatakan suspek menjadi positif hasilnya 71 kerbau. 

"Iya yang positif sampai dengan kemarin (jumat) sudah 71 yang positif," singkat Lukas Pasarai Datubari, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara kepada iNews Toraja, Sabtu (9/7/2022). 

DIketahui Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara terus melakukan pemantauan dilapangan bersama dokter hewan terkait meningkatnya kasus positif PMK pada kerbau di Toraja Utara. 

"Bahkan juga ada informasi dari masyarakat yang menyampaikan kepada kami gejala-gejala yang seperti kerbau yang ada di pasar bolu, dan langsung kami tangani serta memantaunya langsung, terima kasih ada kesedaran dari masyarakat untuk membantu kami," ungkap Lukas. 

Untuk saat ini pihaknya telah memutus peredaran kerbau yang ada di pasar bolu dan secara umum di Toraja Utara. 

"Sekarang ini kami membatasi peredaran kerbau keluar masuk khususnya di pasar bolu dan pada umumnya di Toraja Utara, untuk mengantisipasi wabah ini tidak meluas ketempat lain," lanjutnya. 

Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara juga telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengawasi peredaran kerbau yang masuk ke Toraja Utara. 

"Ada satuan tugas yang kami bentuk, jadi satuan tugas itu untuk memantau peredaran kerbau dan ternak didaerah perbatasan," tambahnya. 

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan selalu memantau perkembangan hewan ternaknya, dan segera melaporkan ke pihak terkait jika dicurigai terkena gejala PMK. 

"Kami selalu mensosialisasikan dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan memantau hewan ternaknya," tutup Lukas.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut