get app
inews
Aa Read Next : Basarnas Makassar Berduka, Selamat Jalan Zulfikar Rescuer Kemanusiaan!

Rakor SAR Daerah, Basarnas Makassar Resmi Buka Pos Unit Siaga SAR di Tana Toraja

Selasa, 31 Oktober 2023 | 18:33 WIB
header img
Peresmian Pos Unit Siaga SAR Basarnas di Tana Toraja, ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeq, Selasa (31/10/2023) disaksikan oleh segenap tamu undangan yang hadir. Foto: iNews.id/Jufri Tonapa

TANA TORAJA, iNews.id - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas Makassar) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (RAKOR) SAR Daerah di kabupaten Tana Toraja, Selasa (31/10/2023), di Aula Hotel Grha Raf Tana Toraja.

Rakor SAR kali ini mengangkat Tema "Melalui Rapat Koordinasi SAR Daerah (RAKORSARDA) Kita tingkatkan kesiapsiagaan SAR dan Sinergitas dalam menghadapi kecelakaan dan bencana Hydrometeorologi tahun 2023".


Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeq (kiri). Foto: iNews.id/Jufri Tonapa

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeq. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Tana Toraja ini merupakan daerah tujuan wisata, masyarakat dan wisatawan akan merasa nyaman dengan adanya Basarnas yang didukung oleh semua pihak.

“Kita sangat bersyukur hadirnya Pos Unit Siaga Basarnas di Tana Toraja, para pekerja kemanusiaan yang tulus dan mulia. Karena nantinya penanganan kecelakaan dan musibah dapat dilaksanakan secara terpadu dengan koordinasi yang terus kita tingkatkan dan terus dipelihara dengan baik agar penyelenggaraan Operasi SAR lebih efektif dan efesien,” ucap Zadraq.

 


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Maxianus Bekabel (tengah), didampingi Kasi Ops Basarnas Makassar, Andi Sultan. Foto: iNews.id/Jufri Tonapa

 

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Maxianus Bekabel mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk menyatukan koordinasi dalam satu pola pikir dalam pelaksanaan Operasi SAR di Tana Toraja, dimana kita ketahui bahwa Tana Toraja, Toraja Utara dan daerah sekitarnya sangat rawan akan bencana alam yang dapat membahayakan nyawa manusia.

"Dalam Operasi SAR itu ada empat pilar, yakni Basarnas, pemerintah daerah, TNI - Polri, dan masyarakat, yang kesemuanya saling bersinergi dalam setiap kegiatan Operasi pencarian dan pertolongan, baik yang ditimbulkan oleh kecelakaan, bencana alam, atau musibah lainnya yang sangat membahayakan nyawa manusia," ungkap Maxianus Bekabel kepada iNews.id

Kegiatan kali ini didukung oleh pemateri dari perwakilan Direktur Operasi Basarnas RI bapak Moch. Arifin, sebagai salah satu narasumber yang membawakan materi manajemen operasi SAR.

Sementara perwakilan dari Kodim 1414 Tana Toraja membawahkan materi tentang tupoksi TNI dalam Operasi SAR, serta dari perwakilan Stasiun Meteorologi Toraja memberikan materi tentang sinstem informasi dini yerlait cuaca dalam pelaksanaan operasi SAR dilapangan.

Rapat koordinasi kali ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara baik dari TNI - Polri dan dinas terkait, juga beberapa organisasi potensi SAR yang berada di Toraja.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut