get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Patra Niaga Sulawesi Hadirkan Serambi MyPertamina, Berikan Kenyamanan Perjalanan Pemudik

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Sabet 2 Penghargaan di PRIA Awards 2024

Jum'at, 08 Maret 2024 | 20:03 WIB
header img
PRIA Awards 2024 di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Bali pada Kamis (7/3/2024) kemarin. Foto: Istimewa

NASIONAL, iNews.id - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui 2 (dua) unit operasinya yaitu Integrated Terminal (IT) Makassar dan Fuel Terminal (FT) Parepare berhasil meraih penghargaan pada ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA Awards) 2024 di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Bali pada Kamis (7/3/2024) kemarin.

Kedua unit operasinya tersebut mendapatkan penghargaan Silver Winner untuk Kategori Program Komunikasi CSR Sub Kategori Community Development dengan mengangkat judul Program CSR Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD) dan Program  Kampung Energi Berdikari Bacukiki.

Public Relation Indonesia (PR Indonesia) dalam siaran pers-nya menyampaikan bahwa tahun ini jumlah total entry mencapai 699 dari 129 instansi. Setiap entry berkompetisi untuk menjadi yang terbaik pada masing-masing kategori, yaitu Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Program Komunikasi CSR, Program PR dan Departemen PR.

Sebanyak 16 juri kompeten diterjunkan untuk menilai seluruh karya Public Relation (PR) baik dari kalangan praktisi PR senior, jurnalis, akademisi, hingga PR Guru. Penjurian berlangsung selama empat hari dari tanggal 23 hingga 26 Januari 2024.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan bahwa penghargaan ini diraih atas dasar komitmen perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan.  
 

Dua penghargaan Silver Winner untuk Kategori Program Komunikasi CSR Sub Kategori Community Development diraih oleh PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi. Foto: Isitimewa
 

​​​​​​​"Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada perusahaan kami, ini menjadi motivasi untuk terus mengembangkan kemandirian masyarakat melalui program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kami juga berterima kasih kepada local hero, stakeholders terkait dan kelompok masyarakat atas perjuangan dan partisipasinya untuk bersama-sama dalam membangun dan mengembangkan program yang berkelanjutan ini," ucapnya.

Lebih lanjut Fahrougi mengatakan kedepan semoga penghargaan ini juga menjadi inspirasi bagi masyarakat, perusahaan dan pemerintah untuk terus berkolaborasi dalam membangun masyarakat mandiri dan berkelanjutan. 
 

Sekilas Program SAPD dan Kampung Energi Berdikari Bacukiki

Dalam ajang ini penghargaan yang diraih adalah pada kategori Program Komunikasi CSR Sub Kategori Community Development, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui unit operasinya IT Makassar mengangkat judul yaitu Program Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD) yang menjadi wadah anak-anak tersebut untuk melepaskan diri dari tekanan dan trauma serta menjadi tempat untuk pengembangan diri. |

Program ini telah dibina sejak tahun 2018 yang merupakan program pengembangan anak-anak terdampak masalah sosial di sekitar wilyah operasi yaitu kelurahan Pattingaloang Kota Makassar.

Lebih lanjut Fahrougi menuturkan, sejak tahun 2018 hingga 2023 Pertamina secara berkesinambungan mendampingi program ini hingga anak-anak SAPD mampu mengalami peningkatan kepercayaan diri berdasarkan pengukuran angket psikolog.

Tidak hanya bantuan infrastruktur yang berupa sanggar belajar dan menari, namun Pertamina turut membantu proses pengembangan dan mempromosikan kemampuan menari anak-anak SAPD usia remaja sehingga mereka mampu memperoleh penghasilan sendiri melalui Sanggar Seni yang dikembangkan. Kini mereka berani tampil di event-event dengan bayaran Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta per event.

Berbeda dengan IT Makassar yang mengangkat program sosial, unit operasi  FT Parepare mengangkat judul Program Energi Berdikari Bacukiki yang memiliki fokus untuk mengangkat penggunaan energi bersih. Program yang mampu mengubah masalah berupa kotoran sapi menjadi solusi energi bersih biogas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya untuk rumah tangga namun juga UMKM.

Melalui program ini pun slurry dari biogas dimanfaatkan kelompok tani untuk membuat pupuk organik dan lebih jauh lagi melalui kegiatan yang berbasis waste management ini menciptakan lingkungan yang bersih dengan energi baru terbarukan.

Terakhir Fahrougi menyampaikan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

"Kegiatan yang telah kami jalankan merupakan salah satu program TJSL yang bersinergi dan mendukung program Pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dengan raihan ini menambah semangat dan menjadi inspirasi bagi kami untuk menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan memberikan multiplier effect bagi masyarakat," pungkasnya.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut