get app
inews
Aa Read Next : Ajak Masyarakat Do'akan Timnas, Dirkrimsus Polda Sulsel Prediksi Indonesia Tumbangkan Uzbekistan

Fitriani, Wanita Termuda Peraih Gelar Doktor Cumlaude dari Kampus UNM Makassar

Sabtu, 06 April 2024 | 19:40 WIB
header img
Fitriani Bersama Suami dan Anak Usai Promosi Doktor Dikampus UNM Makassar. ( Dok.Istimewa )

Makassar - Sebuah hasil penelitian terbaik untuk dunia pendidikan kembali dipersembahkan dari kampus ‘Kuning’ Universitas Negeri Makassar yang dihasilkan oleh wanita muda yang gesit menghadapi tantangan dan mampu meraih prestasi cumlaude, penghargaan akademik  yang terbilang sangat membanggakan saat promosi doktor di Kampus UNM, Jumat (5/4/2024).

Fitriani, S.Pd.,M.Pd, dialah wanita itu, kelahiran Campulea, 2 Juli 1989 dari pasangan Ayah Marsude dan Ibu Hadirah, mereka berasal dari keluarga yang fanatis dalam menjalankan agama dan sangat peduli pada pendidikan, hidup tentram layaknya penduduk lainnya di salah satu desa yang terbilang makmur di Kabupaten Bulukumba, wilayah terletak di kaki Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ibu dua anak, Salsabila Ramadhani Rifai dan Muhammad Ibnu Rusyd Rifai dari pasangan Gazali Rifai, SE.,MM ini, meski sibuk menjalankan tanggung jawab keluarga sebagai Ibu, dirinya pun tetap konsisten berbagi waktu untuk kuliah dan mengajar.

Fitriani juga merasa sangat beruntung lantaran suaminya, Gazali Rifai seorang PNS di Kabupaten Takalar memberikan dukungan terhadap aktivitas akademiknya.

Fitriani mengawali pendidikan dari jenjang D3 Business English Universitas Negeri Makassar (UNM) (2007-2010), S1 English Education Program UNM (2010-2012), S2 English Education Program UNM (2015-2017), S3 English Education Program UNM (2021-2024).

Untuk menyelesaikan program doktornya, Fitriani  berhasil mempertahankan disertasi hasil penelitiannya dihadapan Tim Penguji yang diketuai Prof.Dr.Baso Jabu,M.Hum, beranggotakan Prof.Murni Mahmud, M.Hum, Ph.D, Prof.Drs. Muhammad Basri,MA,Ph.D, Prof Dr.Sahril,M.Hum. Adi Anto Patak,M.Pd.,Ph.D. Dr,Ratna,M.Pd. Studi Etnografi Gabungan Penelitian sebagai karya ilmiah yang dilakukan Fitriani adalah Pendekatan Pembelajaran Regulasi Diri Berbantuan Teknologi  Dalam Pengajaran Menulis Di Sebuah Perguruan Tinggi Indonesia: Suatu Studi Etnografi Gabungan. English Education Study Department. Postgraduate Program. State University of Makassar (supervised by Murni Mahmud and Muhammad Basri).

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor bagaimana persepsi dosen dan mahasiswa terhadap pendekatan Technology Assisted Self Rergulated Learning (TASRL) dalam mengajar menulis di perguruan tinggi di Indonesia, bagaimana dosen menerapkan pendekatan TASRL dalam mengajar menulis bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi di Indonesia, bagaimana mahasiswa terlibat dengan pendekatan TASRL dalam menulis bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi di Indonesia, dan bagaimana pendekatan TASRL mempengaruhi kemampuan menulis mahasiswa bahasa Inggris sebagai bahasa asing di perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk mencapai tujuan ini, Fitriani melakukan studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (STKIP YPUP) Makassar dengan menerapkan studi etnografi terpadu untuk mengumpulkan data secara offline dan online.

Data dikumpulkan dari 2 dosen dan 9 mahasiswa yang direkrut menggunakan teknik convenient sampling. Data kualitatif yang diperoleh kemudian dianalisis secara tematis dan ditemukan bahwa (1) Dosen memandang bahwa pembelajaran berbasis regulasi diri yang dibantu oleh teknologi sangat membantu dalam mengajar keterampilan menulis bahasa Inggris sebagai bahasa asing EFL(Engish as a Foreign Language).

Mereka menemukan bahwa teknologi tersebut bermanfaat, mudah digunakan, dan memiliki sikap positif terhadap penggunaannya; (2) Perspektif mahasiswa EFL terhadap pendekatan TASRL dalam keterampilan menulis bahasa Inggris beragam. Beberapa mengadopsi pendekatan TASRL, mengintegrasikan teknologi ke dalam rutinitas pembelajaran mereka, sementara yang lain menghadapi tantangan dalam penggunaannya.

Beberapa menunjukkan penggunaan teknologi yang terbatas untuk pembelajaran berbasis regulasi diri; (3) Pendekatan TASRL telah diterapkan dengan baik oleh para dosen. Mereka merencanakan, menggunakan, dan mengevaluasi teknologi secara hati-hati untuk membantu siswa dalam belajar menulis bahasa Inggris; (4) Sebagian besar mahasiswa menunjukkan keterlibatan yang tinggi dalam TASRL, namun ada juga mahasiswa yang menunjukkan keterlibatan yang rendah dalam TASRL; (5) Integrasi pendekatan TASRL berdampak pada kemampuan menulis mahasiswa.

Persepsi yang tinggi terhadap nilai pendekatan TASRL oleh dosen dan mahasiswa meningkatkan kemampuan menulis, serta keterlibatan dalam tugas menulis bahasa Inggris.Kata Kunci: Pembelajaran Regulasi Diri, Pembelajaran Bahasa Berbantuan Teknologi, Keterampilan Menulis Bahasa Inggris, Perguruan Tinggi.

Inilah karya Fitriani yang dipersembahkan untuk dunia pendidikan dan mengantarnya meraih predikat cumlaude, prestasi akademi terbaik yang dicatat dalam sejarah kampus Universitas Negeri Makassar.

Fitriani bersyukur kepada Allah dan tak lupa menyampaian rasa syukur dan terima kasih kepada suami dan segenap keluarganya yang selama ini mendukung.

Fitriani menyerahkan sertifikatnya kepada suaminya, Gazali Rifai, usai pengukuhan disaksikan para penguji di Kampus UNM.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut