get app
inews
Aa Read Next : Toraya Ma'gellu' 2024 di Toraja Utara

Tim Gegana Polda Sulsel Musnakan Granat yang Ditemukan Warga di Tana Toraja

Senin, 08 Juli 2024 | 02:01 WIB
header img
Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulsel saat melakukan pemusnahan temuan Granat jenis nanas di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/7/2024). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel didampingi Polres Tana Toraja memusnahkan sebuah Bom Militer UXO (granat) pada Sabtu (6/7/2024) siang di Lingkungan Ta'do Kelurahan Rembon Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja.

Granat tersebut sebelumnya ditemukan secara tidak sengaja oleh warga Rembon yakni Edi Patinggi (45) pada Jumat (5/7/24) pukul 15.30 wita saat membersihkan kolam sawahnya.

"Iya benar, kami menerima laporan dari Polres Tana Toraja bahwa ada granat aktif yang ditemukan oleh warga," kata Kombes Pol. Heru Novianto, Dansat Brimob Polda Sulsel kepada iNews Toraja, Minggu (7/7/2024).

Atas laporan tersebut, Satu unit Jibom Detasemen Gegana diberangkatkan untuk melakukan pemusnahan granat jenis nanas tersebut pada Sabtu (6/7/2024).

Tim Jibom yang tiba dilokasi penemuan granat langsung melakukan pengecekan lokasi dan memastikan tidak ada lagi aktivitas warga dan hewan ternak disekitar lokasi.

Usai melakukan pengecekan lokasi, Tim Jibom Sat Brimob Polda Sulsel langsung melakukan pemusnahan dengan menggunakan alat khusus.

"Tiba dilokasi personil melakukan sterilisasi area dan memastikan tidak ada lagi aktivitas baik warga dan hewan ternak agar pemusnahan berjalan dengan lancar," ungkap Kombes Pol. Heru Novianto.

Bom militer UXO (granat) jenis nanas tersebut berhasil dimusnahkan pada Sabtu (6/7/2024) pukul 14.50 Wita dengan aman dan lancar.

"Tim Jibom memusnahkan granat tersebut dengan memusnahkan casing menggunakan sumbu ledak dan alat khusus lainnya," tutup Heru Novianto.

Pihak kepolisian juga menghimbau masyarakat apabila menemukan hal yang sama baik jenis granat, peluru mortir dan lain sebagainya yang mencurigakan agar segera melaporkan ke kantor Polisi terdekat.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut