get app
inews
Aa Read Next : Komisaris Pertamina Patra Niaga, Cek Langsung Unit Operasi dan Lembaga Penyalur di Makassar

Akselerasi Bisnis UMK, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Bersama BRI Sosialisasi PUMK

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 18:56 WIB
header img
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Bersama BRI Menyelenggarakan Acara Pembinaan dan Sosialisasi Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) dengan tema Akselerasi Bisnis UMK.(Dok.Istimewa)

Makassar, Inews.id - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi tidak hanya berperan dalam menyalurkan energi seperti BBM dan LPG bagi masyarakat, tetapi juga mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) yang merupakan penggerak ekonomi nasional.

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama dengan Bank BRI menyelenggarakan acara Pembinaan dan Sosialisasi Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) dengan tema Akselerasi Bisnis UMK yang bertujuan untuk memajukan dan memperkuat UMK di Indonesia agar menjadi tangguh dan mandiri.

Acara ini berlangsung di Makassar pada Jumat (1/8) yang dihadiri oleh kurang lebih 40 calon mitra binaan Pertamina yang akan mendapatkan pembiayaan.

Dalam acara ini, para pelaku UMK diberikan pembinaan dan sosialisasi mengenai strategi bisnis yang efektif, pengelolaan keuangan, serta akses terhadap pembiayaan yang dapat mendukung perkembangan usaha mereka.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. BRI sebagai salah satu bank yang berfokus pada pemberdayaan UMK, juga menyampaikan pentingnya sinergi antara lembaga keuangan dan pelaku usaha dalam menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, UMK dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang di berikan kepada kami selaku penyalur PUMK ini. Dalam penyaluran ini kami berikan dana pinjaman kurang lebih 50 jt per UMK sesuai jenis usahanya bertahap sesuai hasil survei dan kurasi”, ujar Deflin Sambo selaku Manager Bisnis Micro Branch Office Panakukang BRI.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyampaikan bahwa tahun ini kurang lebih sebanyak 130 mitra binaan Pertamina yang aktif dibina melalui program UMK Academy, untuk se-Sulawesi yang mencapai 300 mitra, sedangkan untuk Nasional mencapai 60 ribuan mitra binaan.

“Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung UMK sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Melalui kolaborasi dengan BRI, kami ingin memastikan bahwa UMK memiliki akses ke sumber daya dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bersaing dipasar yang semakin kompetitif. Fahrougi menambahkan, “Kegiatan ini juga merupakan inisiasi dari PT Pertamina (Persero) yang mana kami akan terus membina teman-teman UMK agar naik kelas dalam tercapainya Go Modern, Go Online, Go Digital dan juga Go Global sehingga nantinya diharapkan menjadi penggerak roda perekonomian indonesia. Serta harapannya, para UMK yang telah bergabung menjadi Mitra BUMN akan mendapat pelatihan, potensi untuk membuka jaringan baru, mendapatkan bantuan promosi dan diikutsertakan pada pameran-pameran domestik maupun internasional,” tutupnya.

Acara ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Pertamina Patra Niaga dan BRI dalam mendorong akselerasi bisnis UMK di seluruh Indonesia. Serta harapan dari kegiatan ini dapat terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi bangsa melalui berbagai program yang mendukung pengembangan UMK.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut