get app
inews
Aa Read Next : Danny Pomanto Terima Gelar Adat Kehormatan Toraja Simbol Pemimpin yang Berjuang untuk Rakyat Sulsel

Blusukan di Pasar Bolu, Danny Pomanto Dukung UMKM Lokal di Toraja

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:05 WIB
header img
Calon Gubernur Sulawesi Selatan Danny Pomanto saat blusukan di Pasar Bolu, Toraja Utara, Selasa (8/10/2024). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.id - Melanjutkan kampanyenya hari kedua di Toraja, Calon Gubernur Sulawesi Selatan Moh Ramdhan Pomanto blusukan ke Pasar Rakyat Bolu, Toraja Utara, Selasa (8/10/2024) pagi.

Setibanya di Pasar Rakyat Bolu, Danny Pomanto kemudian berkeliling melihat kondisi pasar dan bercengkrama dengan para pedagang.

Tidak hanya itu, ia juga membeli produk rakyat khas Toraja. Mulai dari parang khas dari Toraja hingga anyaman seperti Baka atau kerajinan bambu yang berbentuk bakul besar yang diberi tali untuk sangkutan di kepala.

Elizabet Taru, Pedagang mengatakan Baka ini pada umumnya digunakan masyarakat Toraja untuk membawa padi, sayur, dan hasil bumi lainnya.

"Yang dibeli bapak (Calon Gubernur Sulsel) tadi itu Baka, ini terbuat dari bambu. Itu biasa kita gunakan untuk membawa sayur atau hasil bumi lainnya," kata Elizabet.

 
Selain Baka, Calon Gubernur Nomor Urut Satu ini juga membeli Nyiru Berlubang atau sebuah alat untuk menapih beras. Juga membeli parang khas Toraja.

Pasar Rakyat Bolu menjadi salah satu destinasi wisata belanja yang wajib dikunjungi ketika ke  Toraja Utara. Pasar ini menjual aneka kerajinan tangan, mulai dari anyaman bambu, ukiran dan pahatan khas Toraja, hingga parang berbagai ukuran.

Danny Pomanto mengatakan blusukan ke pasar menjadi agenda rutin saat dirinya kampanye di daerah-daerah sebagai pusat bangkitaj ekonomi masyarakat sekitar.

"Dapat kita lihat bahwa ekonomi Toraja Utara ini sangat baik sekali. Gampang dilihat dari produk barang dari berbagai latar belakang yang dijual, kita lihat bagaimana UMKM dan usaha-usaha rakyat itu meningkat," kata Danny Pomanto.

Keberadaan UMKM lokal, kata Danny Pomanto jelas memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Toraja Utara. Sehingga harus mendapatkan dukungan dari pemerintah. 

Editor : Jufri Tonapa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut