Logo Network
Network

Geliat Pariwisata Toraja Highland Festival 2022 kembali Digelar di Toraja Utara

Tim iNews Id
.
Rabu, 13 Juli 2022 | 14:44 WIB
Geliat Pariwisata Toraja Highland Festival 2022 kembali Digelar di Toraja Utara
Infografis Toraja Highland Festival 2022.

WISATA BUDAYA, iNews.id - Toraja Highland Festival (THF) 2022 kembali akan digelar di Toraja Utara, pada 11-13 Agustus 2022.

Ajang promosi wisata berbasis budaya dengan tema 'Taste of Toraja' ini akan memperkenalkan olahraga dan keindahan alam Toraja

Kegiatan tahun ini bertujuan untuk menggeliatkan kembali pariwisata Toraja dengan melibatkan masyarakat sebagai motor penggerak utama.

Dimana desa sebagai pusat pertumbuhan untuk pemulihan ekonomi nasional pasca Covid 19.

Dengan pengembangan pariwisata dalam menyambut Era Baru Berwisata seperti Desa Wisata dan Geopark kepada generasi muda dan masyarakat luas.

"Ini adalah kegiatan yang kedua, dimana yang pertama sudah kita lakukan tahun kemarin. Ini untuk promosi pariwisata Toraja, dengan cara mengundang orang sebanyak-banyaknya untuk menikmati keindahan alam toraja melalui kegiatan bersepeda dan lari. Kita juga akan mengadakan pameran UMKM prodak-prodak unggulan dari pengrajin yang ada di Toraja, untuk meningkatkan penghasilan ekonomi pasca pandemi covid 19," kata Damayanti Batti, Ketua MASATA DPC Toraja Utara kepada iNews Toraja, Rabu (13/7/2022).  

Selain itu juga pada Toraja Highland Festival 2022 ini akan menggelar Pasar Kopi, untuk kembali menignkatkan nilai saing kopi Toraja di dalam dan luar negeri. 

"Kita buat pasar kopi karena nilai saing dari kopi Toraja sendiri dan produktivitasnya sudah menurun, padahal banyak konsumen yang merindukan kopi Toraja, jadi kita mau angkat kembali. Nanti kami akan mengirim 13 sampel kopi dari 13 kecamatan ke Jakarta untuk di skoring, hasilnya nanti ditampilkan di pasar kopi sehingga baik konsumen dan petani akan mengerti nilai kopi dan kualitasnya," jelas Damayanti. 

Nantinya Pameran UMKM, Pasar Kopi, Pertunjukan Seni Musik dan Tari, Lomba Mural akan dilaksanakan di Lapangan Bakti Rantepao.

Sementara Fun Cycling 'Jelajah Desa Wisata Toraja' akan melintasi Lolai – Kepe – Batutumonga – Buntu Lobo – Tikala – Rantepao. 

Untuk Lomba lari 'Toraja Run Above The Cloud 10K' akan dilaksanakan di Lolai. Sementara wisata fotografi akan berkeliling Toraja memotret keindahan alam. 

"Jadi mereka akan berkeliling Toraja mengambil gambar, harapannya dengan foto-foto nanti yang diposting di media sosial akan menjadi salah satu promosi wisata untuk Toraja," tutup Damayanti Batti'.

Kegiatan ini melibatkan beberapa komunitas antara lain komunitas lari, sepeda, seni musik, seni rupa, seni tari, fotografi, dan didukung serta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Semua kegiatan ini akan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus covid 19.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.