get app
inews
Aa Read Next : Pihak Keluarga Minta Polda Jawa Barat usut Kasus Kematian Catherin Rumambo Mogot Pandin

Bupati Tana Toraja Apresiasi Event Magical Toraja Kado Indah di Hari Ulang Tahun Tana Toraja ke 65

Kamis, 01 September 2022 | 19:10 WIB
header img
Malam penutupan Magical Toraja, Rabu (31/8/2022). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Acara penutupan Magical Toraja dalam rangka memperingati hari jadi Toraja ke 775 tahun dan HUT Tana Toraja yang ke 65 tahun diselenggarakan oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) di Pasar Seni Makale, Kota Makale, Tana Toraja, Rabu (31/8/2022).

Ketua umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia Mayjen TNI Purn. Yulius Selfanus Lumba dalam sambutananya mengatakan semoga PMTI di Toraja semakin meningkat dan mendukung ekonomi Masyarakat di sekitar serta Megical Toraja agar dilaksanakan setiap tahun demi mengangkat budaya Toraja dan meningkatkan Pariwisata di Toraja Utara dan Tana Toraja.

"Dalam rangka kita sama-sama merayakan hari jadi Toraja yang ke-775 dan hari kemerdekaan RI yang ke-77 dan guna menyambut G20 di bulan November mendatang, tentunya rangkaian kegiatan Magical Toraja akan makin marak di kalangan masyarakat toraja," ungkap Yulius.

Lanjut ia menjelaskan Kegiatan Magical Toraja sangat tepat kalau di adakan di bulan Agustus karena di bulan Juli Toraja Utara ulang tahun, dan bulan Agustus Tana Toraja ulang tahun, serta kemerdekaan RI di bulan Agustus. Dan hari jadi Toraja juga di bulan Agustus. Dari perhitungan itu lahirlah suatu tema yaitu Magical Toraja dan semua masyrakat yang kita temui menyarankan agar magical Toraja ini untuk di buat kembali dan di laksanakan tahun depan.

"Semoga kita bisa membawa dalam forum dewan penasehat, dewan pertimbangan, dan pengurus pusat. Semoga Magical Toraja setiap tahun  di laksanakan di Toraja. Kegiatan Magical Toraja tentunya akan mengangkat tema yaitu budaya dalam arti mengangkat tema potensi lokal budaya kita yang selama ini tidak terekpos selama 2 tahun akibat terdampak pandemi covid 19," pungkas Yulius.

PMTI hadir bersama dengan pemerintah daerah dan orang Toraja yang ada di perantauan akan terus membuat program yang sasarannya adalah Tana Toraja, Toraja Utara dan Mamasa.

Sementara Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung  dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Magical Toraja, dimana membangkitkan kembali Wisata Toraja yang perlu ditingkatkan di seluruh pelosok wilayah Toraja demi pertumbuhan ekonomi di Tana Toraja dan Toraja Utara.

"Pariwisata Toraja tidak akan ada artinya kalau kita tidak memberi nilai di dalamnya. Kita harus mengisi dengan berbagai macam kegiatan yang ada, sebagai ajang untuk mempertemukan diaspora Toraja dari berbagai tempat Nusantara ini bahkan  dari luar negeri," kata Theofilus Allorerung.

Ia juga sangat berterima kasih kepada PMTI yang sudah mendukung pariwisata yang ada di Toraja dengan bantuan berupa Desain Homestay  Toraja hasil dari lomba yang diadakan oleh PMTI.

"Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga PMTI, semoga warga Toraja yang ada di luar Toraja kembali ke kempung masing-masing membangun homestay yang ada sehingga mimpi kita seribu kamar hotel ,homestay yang ada di Toraja untuk bisa menampung para wisatawan yang datang ke Toraja," tutup Theofilus.


Sejumlah Panitia Magical dan Pengurus PMTI saat foto bersama, Rabu (31/8/2022). Foto: Istimewa
 
 
Penutupan Magical Toraja di hadiri oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Staf ahli gubernur Sulsel Since Lamba', Kapolres Tana Toraja AKBP Juara Silalahi, Dandim 1414/ Tator Letkol Inf. Monfi Ade Candra, Ketua DPRD Tator Welem Sombo Linggi, Ketua Umum PMTI Mayjen Purn. TNI Yulius Selfanus Lumba, Ketua Pengadilan Tator Ricart Erwin Basoeki, Danramil Makale Kapten Inf. Uda Kala' Lembang, Anggota DPRD Sulsel Jhon Rende Mangontan, Kadis Perpustakaan Tana Toraja Cristal Ranteallo serta Para tamu undangan beserta pengunjung.

Diketahui event Magical Toraja yang berlangsung ramai selama dua Minggu di pasar seni menampilkan berbagai macam kegiatan perlombaan dan hari penutupan di banjiri para pengunjung serta artis Tindoki Band dan artis dero Poso Veny Dosu bersama Riska Umburante hadir mengisi acara penutupan.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut