Sikapi Pemekaran Toraja Barat, Lembang Madandan Tetap Bergabung di Kabupaten Tana Toraja

Tim iNews Id
.
Selasa, 20 September 2022 | 12:27 WIB
Musyawarah Masyarakat Adat Lembang Madandan pada Jumat (16/9/2022). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id – Sikapi pemekaran DOB Toraja Barat, Pemerintah Lembang Madandan di Kecamatan Rantetayo menggelar musyawarah dan memutuskan tetap bergabung di wilayah Pemerintahan Kabupaten Tana Toraja.

Ketua Lembaga Adat Madandan mengatakan hasil musyawarah tersebut berdasarkan keputusan masyarakat adat yang difasilitasi oleh Kepala Lembang Madandan, dimana Musyawarah tersebut digelar pada Jumat (16/9/2022) kemarin.

“Hasil musyawarah menghasilkan sejumlah keputusan yakni tetap bergabung di Kabupaten Tana Toraja, mendukung Toraja Barat tapi tidak bergabung, serta mengusulkan pembentukan kota administratif Kota Makale.” Kata Saba’ Sombolinggi’, Ketua Lembaga Adat Madandan kepada iNews Toraja, Selasa (20/9/2022).

Menurut Saba’ Sombolinggi’ masyarakat Lembang Madandan selama ini sudah terbiasa dengan Pemerintah Tana Toraja.

“Meskipun Madandan hanya dilihat sebagai wilayah perbatasan yang tidak terlalu diperhatikan, namun Madandan adalah salah satu diantara 32 wilayah adat di Toraja,” Ungkap Saba’.

Diketahui panitia DOB Toraja Barat pada Jumat (9/9/2022) kemarin telah melakukan deklarasi dukungan di pelataran Kantor Kecamatan Saluputti.

 

Editor : Jufri Tonapa
Bagikan Artikel Ini