get app
inews
Aa Read Next : Warga asal Toraja Tewas Dibacok di Yahukimo Papua, Polisi Amankan 2 Orang

Telah Hadir Universitas Adat Papua, Pertama di Indonesia!

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 19:21 WIB
header img
Louncing Universitas Adat Papua di Kampung Hobong, Danau Sentani, Jayapura, Sabtu (22/10/2022). Foto: Istimewa

NASIONAL, iNews.id - Telah hadir Universitas Adat Papua pertama dan satu-satunya di Indonesia. Peletakan batu pertama dan launching di Hobong, Danau Sentani, Jayapura, pada Sabtu (22/10/2022).

Bupati Jayapura Mathius Awcitauw melouncing perguruan tinggi tersebut dengan dua fakultas yaitu fakultas hukum adat dan fakultas pendidikan adat. Serta delapan jurusan yang ada di universitas adat papua indonesia untuk strata satu.

Pemerintah Kabupaten Jayapura, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura sangat mendukung adanya Universitas Adat Papua Indonesia yang pertama dan satu-satunya ini, untuk mendorong pemuda untuk belajar dan mengenali identitas dirinya.

"Kami mendukung dalam bentuk pendanaan dana hibah pemerintah ke sekolah adat hobong untuk didistribusikan dengan baik oleh sekolah adat hobong," kata Ronald Yaroserai, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura.

Sementara itu Ketua Umum Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) mengatakan bahwa Universitas Adat ini adalah bentuk pembuktian jati diri kita selaku masyarakat adat.

"Sekolah adat merupakan salah atu pembuktian jati diri masyarakat adat dan perjuangannya, masyarakat adat bukan hanya berbicara tentang budaya dan pakaian dan atribut adat, melainkan bagaimana kita meneruskan jati diri tersebut melalui pendidikan adat.", Ujar Michelin Sallata, Ketua Umum Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) yang berasal dari Mengkendek, Tana Toraja.

Direktur Universitas Adat Papua Indonesia, Origenes Monim berharap ini bukan hanya orang papua saja yang menjadi mahasiswanya tetapi seluruh Nusantara juga bisa dapat bersekolah di Universitas Adat Papua Indonesia ini.

Diketahui kegiatan louncing Universitas Adat Papua ini adalah rangkaian Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di Wilayah Adat Tabi, Jayapura, Papua yang dilaksanakan bersama Barisan Pemuda Adat Nusantara dan Samdhana Isntitute.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut