get app
inews
Aa Read Next : Meski Ditengah Keterbatasan, Jeprianto Kalamba Raih Cumlaude di UKI Toraja Tahun 2023

Kepala Staf Presiden RI Moeldoko Louncing Dua Program Studi di UKI Toraja

Selasa, 30 Mei 2023 | 16:41 WIB
header img
Kepala Staff Presiden, Moeldoko, saat melauncing dua program studi di UKI Toraja, di Aula Kampus UKI Toraja, Selasa (30/5/2023). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko membawakan kuliah umum di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, sekaligus melauncing dua program studi baru di UKI Toraja, Selasa (30/5/2023).

Kuliah umum ini diadakan bersamaan dengan launching Program Studi Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Pendidikan Vokasi Kopi di UKI Toraja. Moeldoko menyebut bahwa kolaborasi pendidikan dan pariwisata yang dilakukan UKI Toraja sudah tepat.

“Saya pikir memang perlu dikolaborasikan ya antara potensi dengan kesiapan. Ada potensi yang sangat baik, tapi kalau kesiapan kita menyambut itu kurang maka kesempatan itu menjadi hilang," ucapnya.

"Maka untuk itu program ini sudah sangat bagus mengkolaborasikan antara dunia pendidikan dengan dunia pekerjaan, dunia pariwisata/industri,” ujar Moeldoko saat menemui awak media.


Moeldoko, Kepala Staff Presiden RI. Foto: iNews.id
Sementara itu kuliah umum tersebut membahas tentang leadership (kepemimpinan) dengan tema move, motivate, and make a difference.

Dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai jurusan di UKI Toraja. Kepada mahasiswa, Moeldoko menerangkan kombinasi kepemimpinan Militer, Bisnis, dan Sipil.

Ia menjelaskan, konsep tersebut dihasilkan dari perjalanan kepimpinanannya saat menjadi Panglima TNI 2013-2015. Kemudian menekuni dunia bisnis selepas pensiun, dan saat ini sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

"Saya menemukan irisan penting di dalam tiga dunia ini, yakni efisiensi untuk memenangkan kompetisi dan berani untuk tak mau kalah dari yang lain," kata Moeldoko.

Moeldoko menyebut model kepemimpinan M-Leadership berisi 3 M, yakni Move, Motivate, and Make A Difference. Dia menjelaskan, move sebagai lompatan-lompatan penting untuk menggapai kemajuan.

Kemudian, motivate untuk melawan rasa takut pada diri para pemimpin. Sementara itu, make a difference berupa langkah-langkah inovasi yang bisa dilakukan secara nyata.

"Mengapa harus move dulu baru motivate, karena selama ini banyak pemimpin yang memotivasi tapi tidak bergerak. Bagi saya harus bergerak dulu dengan berbagai pertimbangan, baru setelah itu kita memotivasi dan membuat perbedaan," ujarnya.

Pemaparan dari Moeldoko ini mengundang antusias mahasiswa untuk melempar pertanyaan. Kebanyakan dari mereka bertanya bagaimana memotivasi diri, serta memimpin diri sendiri.

Oktavianus Pasoloran, Rektor UKI Toraja. Foto: iNews.id

Sementara Rektor UKI Toraja, Oktavianus Pasoloran berharap kehadiran Moeldoko semakin memotivasi mahasiswa. Baik kata dia, dalam memimpin diri sendiri, masyarakat dan negara.

"Semoga semakin memotivasi mahasiswa dalam kepemimpinan, baik diri sendiri, di dalam masyarakat dan negara. Meski saya yakin mahasiswa UKI Toraja memiliki mental dan keberanian yang luar biasa," ungkapnya.

Kuliah umum berlangsung kurang lebih satu jam yang dirangkaikan dengan launching Prodi Pariwisata Fakultas Ekonomi, dan pendidikan vokasi Kopi UKI Toraja.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut