get app
inews
Aa Read Next : Kepala Staf Presiden RI Moeldoko Louncing Dua Program Studi di UKI Toraja

Meski Ditengah Keterbatasan, Jeprianto Kalamba Raih Cumlaude di UKI Toraja Tahun 2023

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 13:06 WIB
header img
Jeprianto Kalamba, bersama Kakek dan Neneknya diacara Wisuda UKI Toraja Tahun 2023, Jumat (13/10/2023). Foto: Krisnawati Ranteallo

SANGTORAYAN, iNews.id - Jeprianto Kalamba, wisudawan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, yang meraih IPK Tertinggi dengan jumlah 3.90.

Jepri merupakan mahasiswa dari program studi Bahasa Inggris angkatan 2019. Judul skripsinya "Turn Taking Strategy in Classroom Interaction".

Prestasi yang luar biasa tersebut, diraihnya dengan penuh perjuangan dan keterbatasan ekonomi. Hal ini membuat Jepri harus bekerja paruh waktu di Toko Bangunan Cahaya Muda, Makale.


Jeprianto Kalamba, Foto: Krisnawati Ranteallo.

"Sebenarnya saya pernah kuliah di kampus berbeda sebelumnya, tapi saya memutuskan untuk berhenti dan memilih mencari pekerjaan. Setelah uangku terkumpul, baru berani kembali kuliah di UKI Toraja," ucapnya.

Jepri tidak tinggal dengan orangtuanya. Sejak bayi, berumur 11 bulan, Jepri tinggal bersama kakek dan neneknya di Turunan, Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja.

Dirumah sederhana tersebut, Jepri bertumbuh menjadi anak yang cerdas. Hal ini diungkapkan kakeknya, Markus Sapu'.

Jeprianto Kalamba bersama Kakek dan Neneknya. Foto: Krisnawati Ranteallo 
 
"Dulu itu, saya selalu kasih lauk belut, itu makanannya sejak kecil. Memang cucuku ini suka belajar dirumah. Saya biasakan untuk bangun jam 4 subuh," ungkapnya.

Lanjut, Markus bercerita bahwa cucunya lebih banyak berdiam dirumah daripada bermain bersama anak tetangga lainnya.

Saat beranjak remaja, Jepri mulai aktif di organisasi gereja. Setelah wisuda ini, Markus berharap cucunya mendapatkan yang terbaik.


Kehidupan Kakek dan Nenek Jeprianto Kalamba. Foto: Krisnawati Ranteallo
 
"Harapan saya, cucuku ini mendapat pekerjaan sebelum saya dan neneknya tiada. Semoga Jepri mampu memenuhi kebutuhannya ke depan," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UKI Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran pun menyampaikan rasa bangganya atas perjuangan Jepri dalam menempuh pendidikan.

"Saya bangga, ini akan menjadi inspirasi dan motivasi yang luar biasa bagi mahasiswa yg saat ini masih berjuang, bahwa keberhasilan pendidikan butuh pengorbanan dan perjuangan.

"Hasil yang dicapai Jepri adalah buah dari ketekunan belajar," pungkasnya.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut