get app
inews
Aa Read Next : Longsor di Toraja Utara, CCGT Siapkan Kebutuhan Urgensi Untuk Semua Korban

Kisah Aria Bebed, Raja Bali Buah Asmara Mahapatih Gajah Mada dan Gadis Bali yang Cantik Jelita

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 17:35 WIB
header img
Kisah Aria Bebed, putra Gajah Mada hasil percintaan dengan gadis Bali. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA, iNews.id - Nama Aria Bebed dikenang melalui prasasti yang terletak di halaman Candi Aria Bebed, di Desa Bubunan, Kecamatan Sririt, Buleleng, Singaraja.

Ia adalah anak dari Mahapatih Gajah Mada yang lahir dari hubungan dengan seorang gadis cantik jelita asal Bali bernama Ni Luh Ayu Sekarini.

Cerita berawal saat Mahapatih Gajah Mada memutuskan untuk beristirahat setelah menaklukkan Kerajaan Bali. Ia melakukan meditasi di Pedukuhan Gedangan selama berbulan-bulan.

Selama meditasinya, Gajah Mada sering berjumpa dengan Ni Luh Ayu Sekarini, seorang gadis cantik yang juga merupakan putri Ki Dukuh Gedangan.

Pesona Ni Luh Ayu Sekarini menarik perhatian Gajah Mada dan mereka terlibat dalam hubungan asmara. Mereka bahkan menikah dan Ni Luh Ayu Sekarini hamil.

Namun, sebelum kelahiran anak mereka, Gajah Mada harus kembali ke Majapahit karena panggilan Ratu Tribhuwana Tunggadewi. Ni Luh Ayu Sekarini tetap tinggal di Bali.

Saat Gajah Mada pergi, Ni Luh Ayu Sekarini masih dalam keadaan hamil, sehingga Gajah Mada tidak menyadari kehamilan tersebut. Anak yang lahir kemudian diberi nama Aria Bebed.

Ketika Aria Bebed tumbuh remaja, ibunya mengungkapkan kepadanya bahwa ayahnya adalah Mahapatih Gajah Mada. Mendengar hal ini, Aria Bebed memutuskan untuk pergi ke Majapahit untuk menemui ayahnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut