get app
inews
Aa Read Next : Nahas Seorang Mahasiswa di Tana Toraja Tersengat Listrik Ditengah Jalan

Pastikan Kesiapan Petugas, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1445 H

Senin, 08 April 2024 | 11:05 WIB
header img
General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin melakukan pengecekan kelengkapan alat, Minggu (7/4/2024) kemarin. Foto: Istimewa

MAKASSAR,iNews.id - PLN menunjukan komitmennya untuk terus menjaga pasokan listrik selama bulan Ramadhan dengan menyiagakan ribuan personil 24 jam.

Menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H, seluruh unit PLN dalam naungan PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) menggelar apel pasukan guna memastikan kesiapan petugas dalam menjaga keandalan pasokan listrik agar masyarakat dapat beribadah dengan khusyuk (7/4/2024) kemarin.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin menegaskan pasokan listrik di Sulsel, Sultra dan Sulbar saat ini terbilang aman dan tercukupi.

"Sebanyak 2.755 personel diterjunkan di 71 posko siaga yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan SulawesI Barat selama 24 jam" ujar Andy.

Dirinya mencatat, beban puncak rata-rata saat momen Ramadhan di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sekitar 1.600 – 1.700 Mega Watt (MW). Saat Idul Fitri beban puncak diperkirakan sebesar 1.548 MW dan Daya Mampu Pasok sebesar 1.832 MW, sehingga pasokan listrik cukup.

Selain itu pasokan Energi Baru Terbarukan tersedia sebesar 45,78% di Sulselrabar yang merupakan salah satu sistem terhijau di Indonesia.

"Untuk memastikan kenyamanan dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, PLN juga menyiapkan alat pendukung dalam periode siaga diantaranya 141 Genset, 28 _Uninterruptible Power Supply (UPS)_, 86 Unit Gardu Bergerak (UGB), 13 Crane, 266 Mobil, 44 Motor Listrik dan 106 Motor Konvensional. Tak hanya itu delapan tim khusus Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) juga turut disiagakan," ujarnya.

Andy juga menegaskan untuk pengguna kendaraan listrik yang ingin bepergian pada momen mudik lebaran tidak perlu khawatir karena PLN telah menyediakan 20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar dalam 12 lokasi di Sulselrabar.

"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, agar di Hari Raya Idul Fitri 1445 H nanti masyarakat dapat dengan nyaman melakukan aktifitasnya dengan kontinuitas pasokan listrik yang andal dan pasokan yang memadai. Saat ini layanan pelanggan PLN dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile di Playstore maupun AppStore," tandasnya.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut