get app
inews
Aa Read Next : Komisaris Pertamina Patra Niaga, Cek Langsung Unit Operasi dan Lembaga Penyalur di Makassar

Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Gelar Aksi Bersih di Kebun Raya Jompie

Minggu, 11 Agustus 2024 | 15:23 WIB
header img
Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Melakukan Aksi Bersih di Kebun Raya Jompie parepare(10/08/2024). (Dok.Istimewa)

Makassar, Inews.id - Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 10 Agustus, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui unit bisnisnya yaitu Fuel Terminal Parepare kembali melakukan Aksi Bersih Bersih di Kebun Raya Jompie Kec. Soreang Kota Parepare pada Sabtu (10/8/2024) bersama dengan Pengelola Kebun Raya Jompie Parepare dan Duta Lingkungan Parepare.

Pjs Fuel Terminal Manager Parepare Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Salahuddin Daeng Siame yang hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan kegiatan yang dijalankan merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Konservasi Fauna sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian terhadap keanekaragaman hayati yang ada di sekitar lokasi operasi Pertamina, khususnya Fuel Terminal Parepare.

“Secara konsisten Pertamina juga melakukan pendampingan dan pembinaan kepada Kelompok Konservasi Kebun Raya Jompie melalui sejumlah kegiatan dan bantuan yang diberikan. Salah satunya adalah memfasilitasi digitalisasi identitas pohon dan kegiatan Ecoeduwisata yang melibatkan Dinas Pendidikan Kota Parepare dalam Kegiatan tersebut,” ungkap Salahuddin.

Kebun Raya Jompie sebagai pusat konservasi juga memiliki manfaat sebagai pusat edukasi bagi masyarakat agar peduli dengan tanaman endemik yang sudah jarang ditemui dan dilindungi.

Kepala UPTD Kebun Raya Jompie yang diwakili Ibu Rosdiana merespon baik bantuan dan program yang dijalankan Pertamina. Menurutnya program tersebut telah ikut banyak membantu pengembangan Kebun Raya Jompie sebagai tempat konservasi dan edukasi lingkungan berbasis wisata.

“Peran Pertamina sangat penting, menjadikan kawasan konservasi ini sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk generasi muda mengenal lebih jauh tentang tanaman endemik dan dilindungi, kami juga sering menerima kunjungan dari wisatawan umum, rombongan keluarga, anak-anak TK, akademisi sebagai lokasi penelitian dan beberapa diantaranya melaksanakan skripsi tentang pelestarian atau konservasi di sini,” tuturnya.

Selain itu, duta lingkungan Parepare diwakili oleh Aulia Mustika mengatakan Pertamina sangat mendukung kegiatan lingkungan di Parepare bukan hanya hari ini tapi hampir kegiatan lingkungan dan sosial Pertamina selalu hadir bersama masyarakat.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menjelaskan kegiatan ini sudah dijalankan setiap tahunnya, “Kegiatan yang dijalankan secara rutin tiap tahunnya, yang mana ini termasuk bentuk TJSL Pertamina yang sustain dalam pemenuhan SDG’s poin (13) yaitu pengambilan aksi dalam penanganan perubahan iklim, serta poin (15) melindungi, memulihkan, dan mendukung ekosistem daratan sebagai salah satu usaha untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan,” jelasnya.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut