Kisah Inspiratif Moses Patibang, Anak Petani Singkong di Toraja Tembus Kuliah ke UGM Yogyakarta

Vitrianda Hilba Siregar
Kisah inspiratif Moses Patibang, anak petani singkong di Tana Toraja berhasil tembus kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Foto: UGM

TORAJA, iNewsToraja.id - Kisah inspiratif Moses Patibang, anak petani singkong di Tana Toraja berhasil tembus kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Ayah Moses Patibang yakni Natan Kapitong, seorang petani singkong, tak pernah menyangka bahwa anak bungsunya itu bisa kuliah di UGM kampus ternama di Indonesia.

Moses, siswa berprestasi dari SMA Negeri 3 Toraja, diterima di UGM melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan bahkan mendapatkan subsidi UKT 100% alias kuliah gratis.

 
Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa kerja keras dan tekad pantang menyerah dapat mengantarkan seseorang pada kesuksesan, meskipun berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.

Hidup Natan tidak mudah. Sebagai orang tua tunggal, ia harus membiayai ketiga anaknya dengan penghasilan dari bertani singkong dan menjadi tukang ojek, yang rata-rata hanya mencapai Rp500 ribu  per bulan.

Melihat kondisi ini, Natan awalnya meminta Moses untuk menunda kuliahnya dan memilih universitas yang lebih dekat dengan Toraja. Namun, Moses bertekad kuat untuk berkuliah di UGM dan meyakinkan ayahnya bahwa dia akan mampu meraih mimpinya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network