Baketrans Gencarkan Peningkatan Transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Toraja Utara

Tim iNews Id
Sosialisasi Kebijakan Peningkatan Konektivitas Transportasi dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara, Selasa (16/7/2024). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.id – Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) pada Selasa, 16 Juli 2024, mengadakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Peningkatan Konektivitas Transportasi dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengakselerasi terwujudnya konektivitas transportasi di wilayah tersebut dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata dan meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan.

“Toraja Utara, dengan kekayaan budaya dan alamnya yang memukau, memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Untuk itu, konektivitas menjadi kunci dan salah satu langkah strategis yang sangat penting,” ujar Kepala Pusat Kebijakan Sarana Transportasi, Suranto.

Suranto juga mengatakan bahwa kebutuhan sarana transportasi umum di Kabupaten Toraja Utara mencakup beberapa aspek penting, seperti perluasan jangkauan transportasi untuk melayani daerah-daerah terpencil dan pedesaan, serta menyediakan moda angkutan yang melayani dan menghubungkan daerah-daerah utama di Toraja Utara dengan Kabupaten sekitar seperti Tana Toraja, Luwu dan Enrekang.

“Peningkatan konektivitas ini dapat diwujudkan dengan menyediakan beberapa sarana transportasi seperti shuttle bus dengan rute khusus yang menghubungkan lokasi wisata utama seperti Rantepao, Kete Kesu, Londa, dan Batutumonga, serta  meningkatkan pelayananan bus antar provinsi untuk menghubungkan Toraja Utara dengan kota-kota besar di Sulawesi Selatan, seperti Makassar,” tambahnya.

Menurut Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi, kabupaten Toraja ini memiliki banyak destinasi wisata, seperti wisata alam, wisata budaya dan religi, agro wisata, sejarah dan alam, kerajinan besi, dan museum.

“Banyak sekali wisata di Toraja Utara ini, oleh karena itu penting sekali adanya sarana transportasi yang aman dan nyaman bagi turis nusantara dan mancanegara yang menghubungkan Makassar dengan Toraja Utara. Begitu juga sarana transportasi pendukung antar lokasi pariwisata di dalam Toraja Utara,” ujar Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Toraja Utara pada 2018 hingga 2020 berkisar 32.000 hingga 53.000 setiap tahun. Sementara wisatawan lokal atau nusantara bisa mencapai 350.000 ribu tiap tahunnya.

Editor : Jufri Tonapa

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network