Logo Network
Network

Banjir Terjang Luwu, Ratusan Kepala Keluarga Mengungsi

Tim iNews Id
.
Kamis, 07 Juli 2022 | 22:53 WIB
Banjir Terjang Luwu, Ratusan Kepala Keluarga Mengungsi
Banjir melanda Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara, Luwu, Kamis Sore (7/7/2022). Foto: Istimewa

NASIONAL, iNews.id - Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, dilanda banjir sekira pukul 17.00 WITA, Kamis (7/7/2022).

Hujan deras sejak pukul 13.00 WITA jadi penyebab utama banjir, hingga terjadi luapan sungai di wilayah tersebut.

Banjir menggenangi puluhan rumah di Desa Pongko. Bahkan, banjir mencapai jalan poros trans Sulawesi, menyebabkan terjadinya kemacetan beberapa jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Alamsyah, menyampaikan, BPBD Luwu, Tagana dan Dinas Sosial serta pemerintah kecamatan dan desa setempat, sudah di lokasi membantu warga.

"Kondisi terkini bahwa curah hujan sudah berkurang dan air banjir sudah surut, serta arus lalu lintaspun sudah lancar, namun masih ada beberapa rumah yang tergenang," beber Alamsyah.

Petugas BPBD yang berada di lapangan sejak sore, Karyadi, menyampaikan data sementara, ada 40 rumah yang tergenang di Desa Pongko hingga malam ini.

"Sementara, kami baru monitor Desa Pongko. Rumah yang tergenang ada sekira 40 unit. Kami bersama pemerintah setempat masih menyisir lorong-lorong desa, ada 3 dusun di Desa Pongko yang terdampak," ujar Karyadi.

Diketahui, terdapat sekira 700 KK di Desa Pongko dengan jumlah penduduk lebih dari dua ribu jiwa.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News

Bagikan Artikel Ini