Logo Network
Network

dr. Boyke Beri Vaksin Kanker Serviks kepada Peserta Seminar Kesehatan Seks di Tana Toraja

Tim iNews Id
.
Minggu, 31 Juli 2022 | 14:43 WIB
dr. Boyke Beri Vaksin Kanker Serviks kepada Peserta Seminar Kesehatan Seks di Tana Toraja
dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS saat memberikan vaksin kanker serviks kepada beberapa peserta untuk dosis pertama pada peserta seminar, Minggu (31/7/2022). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Perempuan Indonesia Maju DPC Tana Toraja, sukses menggelar Seminar Kesehatan "Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks dan Kesehatan Wanita" di Hotel Pantan, Makale, Minggu (31/7/2022).

Seminar yang diselenggarakan di Hotel Pantan selama dua hari, sejak sabtu (30/7/2022) kemarin ini terdiri dari tiga sesi, sesi pertama dibawakan oleh Pdt. Yonan Tadius, S. Th.,M.A., M. Psi (Cand) mengenai dampak psikologi seks bebas terhadap hubungan keluarga.

Lalu di sesi kedua dibawakan oleh penyuluh dari BNNK Tana Toraja, Irmayantri.S.Sos dan Elizabeth Sumule.S.Psi mengenai bagaimana Narkoba membawa dampak hal-hal negatif bahkan hingga seks bebas.


dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengenai Seks Bebas, Kanker Serviks dan kesehatan wanita di Tana Toraja, Minggu (31/7/2022). Foto: Istimewa



Dan sesi ketiga oleh dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengenai Seks Bebas, Kanker Serviks dan kesehatan wanita, serta memberikan vaksin kanker serviks kepada beberapa peserta untuk dosis pertama. 

"Saya apresiasi sekali dengan panitia, meskipun saya datang terlambat tapi acara masih berjalan, bahkan peserta juga masih banyak yang datang. Saya salut dengan masyarakat Toraja untuk antusias nya," ungkap dr. Boyke, Minggu (31/7/2022).

"Tadi di acaranya, karena pada semangat, saya juga ikut nyumbang lagu, supaya makin meriah. Trimakasih Perempuan Indonesia Maju Tana Toraja sudah mengadakan acara ini, dan pesan saya, kanker serviks harus dicegah, seks bebas harus dicegah, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan reproduksi wanita," Sambungnya. 

Peserta seminar Kesehatan "Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks dan Kesehatan Wanita" ini banyak di ikuti oleh tenaga kesehatan dan ibu rumah tangga, bahkan ada yang dari Rano, Masanda, Balusu, bahkan Denpina. 

"Kegiatan ini sangat penting menurut saya, karena bisa memberikan pandangan mengenai wanita-wanita khususnya di Toraja mengenai kesehatan reproduksi dan bahaya seks bebas. Dan walaupun dalam kegiatan ini kebanyakan perempuan yang hadir, tapi sebenarnya laki-lakipun perlu tau tentang hal-hal yang di paparkan oleh pemateri dari kemarin, apalagi hari ini dari dr. Boyke," ungkap dr. Ilham Nikasah, salah satu peserta seminar yang bertugas di Puskesmas Ratte, Masanda. 


dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS bersama peserta dan Pengurus Perempuan Indonesia Maju DPC Tana Toraja, Minggu (31/7/2022). Foto: Istimewa


Irmawati, salah satu tenaga pendidik di MAN Makale, Tana Toraja juga menanggapi mengenai seminar tersebut.

"Saya merasa bersyukur sekali bisa ikut kegiatan ini, apalagi dari hari pertama dengan pembicara-pembicara yang santai dan bisa membuka pengetahuan kita tentang dampak negatif dari seks bebas, kita bisa jadi lebih paham, bahkan lebih asyik lagi karena kita bisa bertanya langsung dengan pakarnya, jadi informasi yang kita dapatkan bahkan lebih valid. Semoga PIM Tana Toraja bisa mengadakan lebih sering lagi kegiatan serupa, tidak hanya di bidang kesehatan, tapi yang lain juga, apalagi untuk memajukan perempuan di Toraja," katanya.

Sebelumya diketahui meski seminar yang semula direncanakan hanya sehari, akhirnya diselenggarakan selama dua hari karena adanya kendala teknis di hari pertama.

"Seminar terpaksa diadakan dua hari, karena kemarin ada sedikit masalah dengan jadwal penerbangan dr. Boyke saat akan ke Toraja. Tapi beliau tetap melanjutkan ke Toraja dengan jalur darat, makanya tiba di Toraja baru kemarin malam. Syukurnya peserta seminar bisa memaklumi kondisi ini, dan bahkan masih semangat ikut di hari kedua" Jelas Ketua PIM DPC Tana Toraha, Ir. Sriyanti Irene Pailang. 

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.