Logo Network
Network

Merajut Asa di Pelosok Negeri, TNI bangun Rabat Beton untuk Warga dan Anak Sekolah di Tana Toraja

Tim iNews Id
.
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 09:50 WIB
Merajut Asa di Pelosok Negeri, TNI bangun Rabat Beton untuk Warga dan Anak Sekolah di Tana Toraja
Personil Satgas TMMD ke 115 Bahu Membahu saat membangun rabat beton di Lembang Bone Buntu Sisong, Kamis (13/10/2022). Foto: Jufri Tonapa/iNews.id

TANA TORAJA, iNews.id - Sebanyak 150 Personil dari sejumlah satuan bersama Kodim 1414/Tana Toraja yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 115 terjun di Pelosok Negeri, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Ratusan prajurit TNI ini bangun infrastruktur yang sejak puluhan tahun rusak parah di Lembang Bone Buntu Sisong, Kecamatan Makale Selatan. Para pasukan ini mendedikasikan dirinya untuk membangun rabat beton sepanjang 600 meter, jalan tersebut adalah akses utama warga yang selama puluhan tahun, kondisinya sangat memprihatinkan.

Selain menjadi satu-satunya akses warga untuk beraktivitas membawa hasil bumi mereka, jalan tersebut juga digunakan oleh ratusan siswa SDN 11 Makale Selatan, dan SDN 1 Makale Selatan serta SMP Satap 4 Makale untuk pergi dan pulang Sekolah. 

Jalan Poros di Lembang Bone Buntu Sisong selama puluhan tahun rusak parah yang dilalui oleh anak sekolah. Foto: Jufri Tonapa/iNews.id 

Poros ini adalah penghubung antar Kecamatan Makale Selatan, Gandangbatu Sillanan, serta Kecamatan Mengkendek.

"Tentara manunggal membangun desa ke 115 ini kami pusatkan di Lembang Bone Buntu Sisong, kami melakukan pengerjaan rabat beton sepanjang 600 meter, jalan yang sangat rusak parah ini menjadi akses utama warga dan anak sekolah. Nantinya manfaat pembangunan infrastruktur berupa rabat beton ini dapat dinikmati oleh warga dan anak sekolah untuk beraktivitas," ucap Letkol. Inf. Monif Ade Candra, Dandim 1414/Tana Toraja kepada iNews.id, Kamis (13/10/2022). 

Pengerjaan Rabat Beton oleh Satgas TMMD ke 115 di Lembang Bone Buntu Sisong. Foto: Jufri Tonapa/iNews.id 

Pengerjaan rabat beton dimulai sejak 11 Oktober hingga 9 November 2022 mendatang, selama 34 hari prajurit TNI akan membaktikan raga mereka untuk masyarakat.

Selain melakukan pengerjaan rabat beton, para prajurit TNI juga membangun 5 unit jamban keluarga, serta pembibitan tanaman polybag sebanyak seratus unit.

Kemanunggalan TNI bersama rakyat pada TMMD ke 115 inj juga membangun sumberdaya manusia dengan memberikan penyuluhan bela negara, menambah wawasan kebangsaan, pencegahan stuting, menggelar posyandu, sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan keluarga berencana, dan penyuluhan tertib berlalulintas serta memberikan pelatihan pertanian kepada masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan TMMD ini, sangat bermanfaat sekali untuk kami masyarakat yang ada disini," ungkap Tandi Rumambo, Kepala Lembang Bone Buntu Sisong. 

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News

Bagikan Artikel Ini