get app
inews
Aa Read Next : Kunjungan Wisatawan ke Toraja Meningkat, Dewi Sartika Pasande Apresiasi Perayaan 110 Tahun IMT

Yuk Melihat Keindahan Tersembunyi Sarambu Pong Toding di Lembang Uluway Tana Toraja

Minggu, 25 September 2022 | 13:53 WIB
header img

TANA TORAJA, iNews.id - Lembang Uluway, di Kabupaten, Tana Toraja, menyimpan begitu banyak keindahan alam, salah satunya Sarambu Pong Toding.

Komandan Kodim 1414 Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Chandra, bersama masyarakat dan pemerintah Lembang Uluway meninjau langsung lokasi Air Terjun Sarambu Pong Toding di Lembang Uluwai.

Lokasi Sarambu Pong Toding harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 2,5 km dengan kondisi medan tanjakan dan licin, serta sesekali harus berpengan diakar pohon.

Medan yang menantang tak menyurutkan semangat Dandim 1414/Tana Toraja dan Masyarakat untuk melihat keindahan Air Terjun yang memiliki tinggi 50 meter tersebut.

Meski medan yang masih tergolong berat namun pejalanan menuju Air Terjun pun sangat memanjakan mata, kita bisa menjumpai aliran sungai yang berbentuk tangga dengan air yang jernih, ditambah dengan dikelilingin hutan yang masih asri dan suasana sejuk membuat perjalanan semakin berkesan.

"Wahh, luar biasa, rasa lelah seketika hilang ketika sudah sampai di lokasi air terjun  pemandangan Air terjunnya indah  dan hembusan angin yang membawa uap air terasa menyejukkan tubuh," Ungkap Letkol. Inf. Monif Ade Chandra, Dandim Tana Toraja, minggu (25/9/2022).


Letkol. Inf. Monif Ade Chandra, Dandim 1414 Tana Toraja saat menikmati Air Terjun Sarambu Pong Toding. 
 
Menurut Dandim 1414 Tana Toraja peninjauan lokasi air terjun ini untuk melihat langsung  potensi wisata Air Terjun Pong Toding serta akses menuju lokasi, sehingga nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan dan masukan untuk mengembangkan objek wisata ini.

"Pengembangan objek wisata ini, tentunya harus bekerja sama dengan pemerintah Lembang Uluwai dan masyarakat, dan yang paling penting adalah  adanya dukungan penuh dari pemerintah Kabupatan Tana Toraja dan Provinsi Sulawesi Selatan, kita berharap semoga segera kita realisasikan, sehingga objek ini banyak dikunjungi wiaatawan, dan menjadi  pemasukan  bagi memerintah desa dan akan ada penghasilan tambahan bagi masyarakat," harap Chandra.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut