get app
inews
Aa Read Next : Pihak Keluarga Minta Polda Jawa Barat usut Kasus Kematian Catherin Rumambo Mogot Pandin

Kongres GMKI ke 38 akan Digelar di Tana Toraja

Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:18 WIB
header img

TANA TORAJA, iNews.id - Kongres ke-38 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang akan dilaksanakan di Tana Toraja pada November 2022 mendatang, bakal terasa spesial.
Kegiatan akbar dua tahunan organisasi kelompok Cipayung tersebut rencananya akan dibuka langsung oleh orang nomor satu di Indonesia, Jokowi.

“Informasi dari sana (pusat) demikian, Presiden Jokowi akan membuka langsung kongres ke-38 GMKI,” ungkap Ketua Harian Panitia Nasional Kongres ke-38 GMKI, Yohanis Lintin Paembongan, saat rapat panitia kongres ke-38 di gedung BPS Wilayah III, Jl Ampera, Makale, Senin (11/10/2022) kemarin.

Kendati masih sebatas informasi, namun Yohanis yang juga Wakil Ketua DPRD Tana Toraja Fraksi PDI Perjuangan itu benar-benar berharap, Presiden Jokowi dapat hadir pada acara kongres ke-38 GMKI.

“Tentu kalau hadir ini keuntungan kita, juga bagi daerah kita. Tidak sekedar hadir pasti, tapi juga akan bawa oleh-oleh untuk daerah kita,” ujarnya.

Agenda Kongres ke 38 GMKI sedianya dilaksanakan dari tanggal 20 sampai 30 November 2022. Diperkirakan 1500 duta mahasiswa kristen dari 103 cabang yang tersebar di kota-kota perguruan tinggi seluruh Indonesia akan hadir.

Adapun rangkaian kegiatan kongres meliputi studi meeting, bisnis meeting juga aksi sosial berupa operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing oleh Heber Bombang Sapan, di RSUD Lakipadada.

Masih dalam rapat, Yohanis menjelaskan terkait operasi operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing, bahwa para pasien nantinya tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

“Operasi gratis dilaksanakan 27-28 November. Kita datangkan memang dokter ahli dari jakarta. Ini sangat membantu daerah kita, apalagi biaya yang panitia keluarkan akan masuk ke daerah. Jadi kita harap bagi masyarakat yang mau bisa segera mendaftar, bisa ke panitia langsung,” jelas Yohanis.

Selain tiga agenda diatas nantinya para peserta kongres juga akan diajak berkeliling ke objek wisata, baik Tana Toraja juga Toraja Utara.

“Nanti satu hari penuh seluruh peserta Kongres diajak kunjungi destinasi Wisata di Toraja. Kita harap mereka nanti bisa jadi duta wisata Toraja, memperkenalkan Toraja di daerah masing masing,” katanya.

Untuk diketahui, terpilihnya Tana Toraja sebagai tuan rumah pelaksanaan kongres GMKI ini merupakan kali kedua. Sebelumnya pada tahun 1967 atau 55 tahun silam, tepatnya Kongres ke- XI.
Kehormatan kedua kalinya ini disambut dukungan antusias dari seluruh elemen masyarakat di Tana Toraja.

Mereka menyatakan siap menyambut ribuan duta mahasiswa Kristen se-Indonesia serta berharap pelaksanaan Kongres ke-38 GMKI di daerah yang berjuluk Bumi Lakipadada ini berjalan dengan sukses.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut