get app
inews
Aa Read Next : Longsor Terjang Toraja Utara, Satu Rumah Warga di Lembang Langda Rusak Parah

Longsor Tutup Badan Jalan Trans Sulawesi, Akses Utama Warga Tertutup Total

Rabu, 15 Maret 2023 | 14:07 WIB
header img
Longsor Jalan Trans Sulawesi Poros Sereale - Rantepao, Rabu (15/3/2023). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.idLongsor tutup badan Jalan Trans Sulawesi, poros Sereale – Rantepao di Lembang Sereale, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Rabu (15/3/2023), akses utama warga tertutup total.

Tingginya intensitas hujan pada rabu dini hari tadi, membuat tebing setinggi 50 meter di To’nanakan yang merupakan jalan penghubungkan antara Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dengan Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, tak bisa dilalui kendaraan.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak badan penaggulangan bencana setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, namun hingga saat ini belum ada tindakan sebab informasi yang kami dapatkan kalau alat berat milik BPBD rusak," tegas Antonius Randalayuk, Kepala Lembang Sereale.

Batu berukuran raksasa dan batang pohon yang menutup badan jalan, membuat warga yang berada dilokasi tidak bisa berbuat banyak, akibatnya kendaraan bis maupun truk yang hendak memasok sembako ke wilayah Rindingallo terpaksa memutar balik.

“Kendaraan truk yang hendak ke Rindingallo membawa sembako atau bahan bangunan tak bisa lewat, jadi terpaksa memutar balik, namun untuk kendaraan kecil dan motor bisa melewati jalan alternatif lewat belakang gunung dari na’ nakan, tapi kondisi jalan yang licin dan kecil juga sangat membahayakan pengendara," ungkap Antonius. 

Walau begitu, jalan yang merupakan akses jantung ekonomi warga ke sejumlah kecamatan di toraja utara tersebut, masih tak bisa dilalui kendaraan, sebab batu dan pohon tumbang bercampur tanah belum bisa disingkirkan, sehingga membuat sejumlah kendaraan terpaksa memutar balik.

Sementara beberapa masyarakat yang ada dilokasi berusaha menyingkirkan batang pohon dengan alat seadanya.

Warga berharap ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk membersihkan material longsor, sebab jalan penghubung kabupaten tersebut merupakan akses utama untuk menuju ke ibu kota kabupaten.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut