get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pangdam XIV Hasanuddin Tanam dan Panen Lombok Katokkon di Toraja

Kunjungan Kerja di Toraja, Pangdam XIV Hasanuddin Terima Gelar Adat di Kete Kesu

Sabtu, 18 Maret 2023 | 18:37 WIB
header img
Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen. TNI. Dr. H. Totok Imam Santoso, saat menerima gelar adat di Kete Kesu, Toraja Utara, Sabtu (18/3/2023). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.id - Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen. TNI. Dr. H. Totok Imam Santoso terima gelar adat di Kete Kesu, Toraja Utara, Sabtu (18/3/2023).

Pemberian gelar adat tersebut diberikan oleh rumpun keluarga Tongkonan Adat Kesu' sebagai bentuk penghargaan kepada Pangdam XIV Hasanuddin.

Gelar yang diberikan yakni 'Rinding Batunna Sulawesi Selatan, Tinaran Bassinna Toraya' yang langsung disematkan oleh Layuk Sarungallo, Tokoh Adat di Kete Kesu.

"Gelar ini memiliki makna yang sangat mendalam sebagai benteng pertahanan masyarakat sulawesi selatan dan pemutus mata rantai perselisihan jika ada pergolakan di Toraja," kata Layuk Sarungallo, Tokoh Adat Kesu.

Pangdam XIV Hasanuddin sangat berterimah kasih dan bangga serta akan mengemban amanah serta bertanggung jawab atas gelar yang telah diterimahnya.

"Terimah kasih kepada masyarakat di Toraja Utara, khususnya keluarga rumpun yang ada di Kesu, yang telah memberikan saya suatu penghargaan dan ini akan saya jadikan amanah dan tanggung jawab untuk kita semua, khususnya di Sulawesi Selatan," kata Mayjen. TNI. Dr. H. Totok Imam Santoso

Selain menerima gelar adat, rombongan Pangdam XIV Hasanuddin menyempatkan diri untuk melihat budaya khas suku Toraja, baik pernak-pernik dan wisata alam seperti pekuburan batu dan goa alam yang ada di Kete Kesu.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut