get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Luwu Utara

Kisah Kerajaan Buton yang Sangat Disegani hingga Bangsa Eropa Tak Berani Menjajah

Minggu, 23 Juli 2023 | 13:23 WIB
header img
Benteng Kerajaan Buton yang berdiri kokoh. Foto: Ist

KERAJAAN BUTON atau Kesultanan Buton yang berdiri sejak abad ke-12, sangat dihormati karena tidak pernah dikuasai oleh Belanda dan Portugis.

Kesultanan Buton merupakan salah satu kesultanan di Indonesia yang terletak di Kepulauan Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada masa lampau, wilayahnya mencakup seluruh Pulau Buton, termasuk sekarang Kabupaten Buton, Wakatobi, dan Kota Baubau.

Berdasarkan sejarahnya, Kesultanan ini awalnya adalah Kerajaan Buton yang berdiri sejak kedatangan orang-orang Melayu ke wilayah Buton pada akhir abad ke-13 M. Empat tokoh Melayu yang datang secara berbeda waktu adalah Sipanjongan, Sijawangkati, Simalui, dan Sitamanajo, masing-masing membawa pengikutnya.

Kesultanan Buton terletak di pulau yang strategis dengan jalur pelayaran yang menghubungkan pulau-pulau penghasil rempah di kawasan timur Nusantara.

Meskipun Belanda dan Portugis telah masuk ke Indonesia sejak abad ke-17, kedua bangsa Eropa tersebut tidak pernah berani menjajah Kesultanan Buton. Sebaliknya, Kesultanan Buton dijadikan tempat singgah karena posisinya yang strategis. Belanda dan Portugis menjalin hubungan baik dengan kesultanan ini untuk mendapatkan rempah-rempah.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut