get app
inews
Aa Read Next : 5 Pasar Unik dan Menarik di Indonesia, Nomor 4 Pasar Sentral Makale Toraja

11 Nelayan Indonesia Terdampar 6 Hari di Pulau Kecil Perairan Australia, Begini Kisahnya!

Rabu, 02 Agustus 2023 | 10:20 WIB
header img
Siklon Tropis Ilsa menghantam kapal yang membawa 11 nelayan Indonesia dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dok AMSA

Rama berenang di laut menggunakan wadah air plastik selama 30 jam sebelum akhirnya mencapai daratan, yaitu Pulau Bedwell. Di sana, ia bertemu dengan 10 orang nelayan lainnya dari PM Dioskuri 01, yang juga diterjang oleh Siklon Ilsa dan terdampar di pulau itu.

Dilaporkan bahwa delapan rekan Rama yang berada di PM Putri Jaya belum diketahui nasibnya dan dinyatakan hilang.

Para nelayan bertahan hidup selama enam hari di Pulau Bedwell dengan mengonsumsi ikan mentah. Mereka juga minum air laut jika bosan.

Kesebelas nelayan ini pertama kali terdeteksi oleh pesawat patroli Pasukan Perbatasan Australia pada Senin, 17 April, dalam operasi pengawasan beberapa hari setelah Siklon Tropis Ilsa menghantam barat laut Australia.

Otoritas Keamanan Maritim Australia kemudian menemukan kamp darurat dan memanggil tim darurat untuk menyelamatkan mereka. PHI Aviation mengirim helikopter untuk mengevakuasi para nelayan, dan para nelayan berhasil diselamatkan.

Siklon Tropis Ilsa memiliki kekuatan kategori 5, dengan kecepatan angin yang mencetak rekor baru. Siklon ini dianggap sebagai yang terkuat dalam 12 tahun terakhir.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut