get app
inews
Aa
Read Next : Pasar Pagi di Rantepao Toraja Utara Terbakar

5 Pasar Unik dan Menarik di Indonesia, Nomor 4 Pasar Sentral Makale Toraja

Rabu, 17 Mei 2023 | 15:14 WIB
header img
Pasar Sentral Makale Toraja. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Pasar tradisional unik di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. Keunikan-keunikan tersebut meliputi jenis dagangan yang tidak biasa, lokasi yang spesifik, dan cara transaksi yang tidak lazim. 

Berikut adalah beberapa contoh pasar tradisional yang memiliki keunikan masing-masing:

1. Pasar Bisu, Sumatera Barat

Pasar tradisional pada umumnya terkenal dengan bising dan keramaiannya. Namun, Pasar Bisu berbanding terbalik. Transaksi di pasar ini dilakukan tanpa berbicara melainkan menggunakan jari mereka untuk menyampaikan maksud dari penjual maupun pembeli. 

Tradisi ini dikenal dengan nama “Marosok”. Biasanya digunakan untuk transaksi ternak hidup seperti kerbau dan sapi. Pasar yang berlokasi di Desa Cibudak, Kabupaten Tanah Datar ini dibuka sekali seminggu tepatnya pada Selasa. 

2. Pasar Klitikan, Yogyakarta

Pasar Klitikan terletak di Jalan Hos Cokroaminoto No. 34, Pakuncen, Yogyakarta. Pasar ini dikenal sebagai surganya para pencinta barang antik. 

Selain menjual barang-barang antik, pasar ini juga menawarkan berbagai barang bekas seperti elektronik, kamera, dan perabotan rumah tangga. 

Selain berburu barang antik, pengunjung juga dapat berfoto di pasar Klitikan yang memiliki bangunan dengan nuansa retro, menambah keindahan estetika untuk berfoto.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut