get app
inews
Aa Read Next : Viral Isi Surat Terakhir Sepasang Kekasih yang Gantung Diri di Toraja, Kisahnya bak Romeo dan Juliet

Jalan Provinsi Tertimbun Longsor, Warga Dua Kecamatan di Tana Toraja Terisolir

Kamis, 26 Mei 2022 | 21:14 WIB
header img
Tanah longsor menimbun ruas Jalan Makale -Mappak sehingga warga dua kecamatan di Tana Toraja terisolir. Foto iNews Id/Jufri Tonapa

TANA TORAJA, iNews.Id - Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Tana Toraja, Jalan poros Makale - Mappak yang berstatus Jalan Provinsi tertimbun longsor dari atas tebing. Longsor terjadi di Kampung Binotok, Dusun Buttulemo, Lembang Makkodo, Kecamatan Simbuang, Tana Toraja.

Sejumlah pengguna jalan baik dari Kecamatan Simbuang maupun Mappak yang akan menuju Kota Makale terpaksa mutar balik.

Hingga berita ini diturunkan, warga yang bermukim di Kecamatan Simbuang maupun Kecamatan Mappak masih dalam keadaan terisolir akibat longsor tersebut.

Kepala Lembang Makkodo, Sukardi Kombongkila membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan titik longsor cukup banyak, namun yang terparah ada di tiga titik. Menurutnya warga yang nekat melintas menggunakan kendaraan roda dua terpaksa digotong oleh warga setempat untuk melintasi jalan yang tertutup material longsor 

"Kejadiannya tadi malam, pas hujan deras. Ada beberapa titik yang longsor namun yang agak parah ada tiga titik tepatnya di Kampung Binotok, untuk mobil tidak bisa sama sekali melintas dan untuk motor kalau mau lewat harus diangkat," ungkap Sukardi saat dikonfirmasi, Kamis (26/5/2022).

Ia juga mengaku sudah menginformasikan kejadian tersebut ke BPBD Tana Toraja agar material longsor yang menutupi badan jalan tersebut segera dievakuasi menggunakan alat berat, mengingat banyaknya warga yang terisolir.

"Kami juga sudah menginformasikan ke pihak BPBD Tana Toraja dan sudah ada Timnya  mereka yang datang meninjau lokasi longsor tersebut," lanjut Sukardi.

Sukardi Kombongkila juga mengimbau agar pengguna baik dari arah Makale maupun arah dari Simbuang Mappak tetap berhati-hati saat melintas untuk mengindari longsor susulan, karena wilayah tersebut masih terus menerus diguyur hujan deras.

Diketahui Kecamatan Simbuang dan Mappak adalah Kecamatan paling barat di Kabupaten Tana Toraja yang masih sangat tertinggal dari pembangunan infrastruktur.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut