get app
inews
Aa Read Next : Viral Isi Surat Terakhir Sepasang Kekasih yang Gantung Diri di Toraja, Kisahnya bak Romeo dan Juliet

Bak Kubangan Kerbau, Jalan Provinsi Simbuang Mappak Kian Memprihatinkan!

Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:16 WIB
header img
Titik Jalan Provinsi di Kecamatan Simbuang dan Mappak, Tana Toraja (Sulsel) serta Jalan poros penghubung antar Kabupaten Tana Toraja dengan Desa Sibanawa, Kecamatan Sumarorong, Mamasa (Sulbar). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Kondisi jalan provinsi poros simbuang - mappak, di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kini kian memprihatinkan.

Pasalnya jalan yang menghubungkan antar Kecamatan dibagian barat Tana Toraja itu berkubang lumpur. 

Diketahui poros tersebut menjadi akses utama warga dan jalur perekonomian masyarakat di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Simbuang, dan Mappak.

Poros yang statusnya telah ditingkatkan menjadi Jalan Provinsi tersebut juga merupakan jalur penghubung antara Tana Toraja dengan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.  

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari berbagai kalangan kususnya Ikatan Pemuda Simbuang Mappak (IPSIM).


Jalan Provinsi di Lembang Puang Bembe Mesakada, Kabupaten Tana Toraja. Foto: Istimewa
 

Menurut Demianus, selaku Ketua Umum IPSIM bahwa Jalan yang satu-satunya menjadi akses utama untuk perputaran perekonomian di Kecamatan Simbuang dan Kecamatan Mappak kini sudah tidak selayaknya.

"Di katakan statusnya jalan provinsi dengan Model macam kubangan kerbau yang sangat menyusahkan masyarakat," ungkap Demianus kepada iNews Toraja, Sabtu (16/7/2022)

Ia berharap bahwa Pemerintah dari Lembang sampai Provinsi banhkan Pemerintah Pusat dapat bahu membahu untuk memprioritaskan jalan poros Simbuang - Mappak untuk segera dibangun.


Jalan Provinsi di Perbatasan antara Kecamatan Simbuang dan Kecamatan Mappak. Foto: Istimewa


"Perhatian dari pemerintah terutama pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, jangan tutup mata karena jalan poros Simbuang Mappak sudah berstatuskan Jalan Provinsi," tegas Demianus .

Ikatan Pemuda Simbuang Mappak juga mengundang secara terbuka Bupati Tana Toraja dan Ketua DPRD Tana Toraja untuk turun kelokasi, melihat langsung kondisi jalan yang ada di Simbuang Mappak saat ini

"Kami mengundang secara terbuka dan langsung untuk DPRD, Bupati, turun langsung bersama Badan Pengurus IPSIM ke Simbuang Mappak," tutup Demianus

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut