get app
inews
Aa
Read Next : Viral Isi Surat Terakhir Sepasang Kekasih yang Gantung Diri di Toraja, Kisahnya bak Romeo dan Juliet

Pisah dari Tana Toraja! Toraja Barat dapat Dukungan Politik dari Fraksi Golkar dan Hanura Tator

Senin, 25 Juli 2022 | 15:28 WIB
header img
Ketua Fraksi Golkar dan Hanura bersama Ketua Pemekaran Toraja Barat, saat di Gedung DPRD Tana Toraja, Senin (25/7/2022). Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Dua fraksi DPRD Tana Toraja Golkar dan Hanura berikan dukungan politik untuk pemekaran Kabupaten Toraja Barat (Tobar) pisah dari Tana Toraja.

Andarias Tadan, Ketua Farksi Hanura, mengatakan, bahwa ini sangat beralasan fraksinya dukung terbentuknya daerah otonomi baru bagian Barat Tana Toraja.

Wacana terbentuknya kabupaten Toraja Barat bukan hal yang baru, sebab sudah 19 tahun silam diwacanakan dan panitianya sudah terbentuk.

"Kemarin itu untuk memperbaharui panitia pemekaran setelah tidur panjang selama 19 tahun, sebab sudah ada beberapa panitia yang meninggal, termasuk ketua lama." kata Andarias Tadan.

Menurutnya, wacana terbentuknya Toraja Barat digagas bersamaan Toraja Utara.

Setelah panitia pemekaran diperbaharui wajar diberikan dukungan politik melalui pendekatan wilayah pengembangan potensi daerah.

"Setelah mencuat kepermukaan dan viral di media sosial rencana terbentuknya kabupaten baru, jangan diartikulasikan kental dengan kepentingan politik. Meskipun terbentuknya daerah otonomi baru dtetapkan dengan keputusan politik," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa akan banyak hal baru yang didapatkan masyarakat pasca mekar, selain menikmati pemerataan pembangunan, juga pengembangan potensi alam pariwisata, peternakan, maupun perhutanan sosial.

"Jadi Toraja Barat mekar bukan karena ada masalah, melainkan kerinduan pendekatan pelayanan prima. Fraksi Hanura dukung proses dan syarat pemekaran demi Toraja Barat lebih maju dan sejahtera," ujar Andarias.

Senada dengan ketua Fraksi Golkar, Kendek Rante, mengtakan bahwa impian masyarakat Toraja Barat mekar sudah lama.

Panitia terbentuk sekarang hanyalah kelanjutan panitia sebelumnya. Apalagi sejumlah kecamatan bersedia masuk Toraja Barat, dan batas wilayah adminstrasi Tana Toraja dan Toraja Utara sangat jelas.

"Meskipun nantinya sudah mekar namun interaksi sosial tetap jalan seperti biasa, dan dua kabupaten tetangga diharap tetap eksis memayungi dan binaan berkelanjutan kepada daerah otonomi baru. Fraksi Golkar mendukung penuh terbentuknya Kabupaten Toraja Barat," imbuh Kendek Rante.

Sebelumnya diberitakan ketua harian panitia pemekaran, Welem Sambolangi, benarkan sekitar 11 kecamatan nantinya masuk Kabupaten Toraja Barat.

"Selain Bonggakaradeng, juga Rano, simbuang, Mappak, Rembon, Saluputti, Malimbong Balepe', Bittuang, Masanda, Rantetayo, dan Kurra," singkat Welem.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut