Logo Network
Network

2 Lumbung dan 2 Rumah Warga di Toraja Utara, Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Tim iNews Id
.
Minggu, 17 Desember 2023 | 09:27 WIB
2 Lumbung dan 2 Rumah Warga di Toraja Utara, Rusak Diterjang Angin Puting Beliung
Lumbung Padi khas Toraja porak-poranda di Lembang Buntu Lobo', Kecamatan Sesean, Toraja Utara, diterjang angin puting beliung. Foto: Jufri Tonapa/iNews.id

TORAJA UTARA, iNews.id - 4 bangunan milik warga di Lembang Buntu Lobo, Kecamatan Sesean, Toraja Utara, porak poranda diterjang angin puting beliung.

Diketahui angin kencang mengamuk dan merusak 2 rumah adat khas toraja yang digunakan warga sebagai lumbung padi.

Tidak hanya itu saja angin kencang juga merusak 2 rumah milik warga, peristiwa tersebut seketika terjadi, hujan deras disertai angin kencang, tiba-tiba mengamuk dan menerjang pemukiman warga.

Akibatnya lumbung padi yang digunakan sebagai tempat penyimpanan padi tidak dapat lagi digunakan, warga terpaksa memungut dan memindahkan padi yang masih tersisa ke halaman rumah untuk disimpan.

Selain itu, warga bersama petugas TNI dari koramil 1414 - 04 sesean, mengevakuasi puing -puing kayu rumah adat yang masih dapat digunakan.

Sementara itu dua rumah milik warga rusak parah pada bagian atap depan dan belakang rumah tertimpa kayu dan pohon bambu, serta aliran listrik ikut padam, bencana ini juga menumbangkan sejumlah pohon di daerah setempat.

"Iya benar kejadian tersebut terjadi begitu cepat, angin disertai hujan deras merusak bangunan dilembang kami, 2 alang dan 2 rumah milik warga, listrik juga padam," ungkap, Martinus Ruru, Kepala Lembang Buntu Lobo' kepada iNews.id, Sabtu (16/12/2023) kemarin.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerusakan material akibat bencana itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Diketahui hingga saat ini intensitas curah hujan di wilayah toraja utara cukup tinggi dan masih terus terjadi, warga dihimbau untuk tetap waspada.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News

Bagikan Artikel Ini