Logo Network
Network

Perayaan Natal PMTI Berlangsung Meriah, Dihadiri Ribuan Masyarakat Toraja

Tim iNews Id
.
Sabtu, 20 Januari 2024 | 08:23 WIB
Perayaan Natal PMTI Berlangsung Meriah, Dihadiri Ribuan Masyarakat Toraja
Perayaan Natal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), digelar di Plenary Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id – Perayaan Natal memperingati kelahiran Yesus Kristus ke dunia 2000 tahun lalu digelar Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Jumat (19/1/2024) malam, berlangsung meriah.

Ribuan warga Toraja menghadiri perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini di Plenary Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

Perayaan Natal nasional PMTI ini diwarnai dengan karnaval budaya Toraja dengan atraksi tari pa’randing, tapi pa’gellu kreasi modern. Para peserta perwakilan dari pulau Kalimantan, Jawa, Papua dan Makassar Sulawesi Selatan, umumnya mengenakan pakaian adat dan kostum Toraja.

Menurut Ketua Panitia, Yoseph Garo Rantetoding, perayaan Natal komunitas Toraja kali ini tidak hanya dihadiri oleh warga PMTI se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang dan Serang (Jabodetabek-CS), tapi juga dihadiri warga Toraja se-Nusantara, bahkan juga ada utusan PMTI dari luar negeri.

"PMTI adalah wadah organisasi diaspora yang menghimpun komunitas asal Toraja di Sulawesi Selatan memiliki anggota di seluruh Indonesia dan luar negeri," kata Yosep Garo Rantetoding.

Perayaan Natal PMTI dengan Pengkhobah Pdt Dr Christian Tanduklangi ini menampilkan persembahan pujian sejumlah artis ibukota antara lain Harvey Malaiholo, Lita Zein dan artis muda berbakat Toraja Sharon, juga dimeriahkan oleh VG El Sapan, Trio Sapari, Toraja Dance Community, Toraja Mala’bi Tangerang, PMTI Choir, PMTI Banten, dan paduan suara Kibaid di Jakarta.

Pdt Christian Tanduklangi’ dalam khotbahnya mengatakan, Natal identik dengan menyanyi sukacita memuliakan Tuhan.

"Karena itu, warga Toraja dan umat Kristen pada umumnya untuk lebih sering bernyanyi daripada beradu debat yang bisa menyebabkan perpecahan bukan perdamaian," kata Pdt Christian Tanduklangi’

Perayaan Natal dan Tahun Baru ini digelar hampir setiap tahun, kecuali saat Copid-19 lalu, selalu ramai dan menjadi ajang silaturahmi melepas kangen masyarakat Toraja yang ada di tanah rantau.

PMTI saat ini dipimpin putra terbaik Toraja, yakni Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa dengan Sekretaris Jenderal Dating Palembangan.


Ketua Umum PMTI Yulius Selvanus Lumbaa (kedua dari kanan) bersama Sekertaris PMTI (kedua dari kiri) bersama pengurus pusat dan para masyarakat Toraja yang hadir dalam perayaan Natal. Foto: Istimewa

Awalnya PMTI dibentuk atas kesepakatan semua organisasi Toraja yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2004. Ir Jonathan L Para’pak terpilih sebagai Ketua Umum PMTI pertama kemudian Alm. Frederik Batong, Kini PMTI dengan Ketua Umum Yulius Selvanus Lumbaa, telah terbentuk di seluruh Provinsi di Indonesia dan sejumlah negara sahabat.

Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaan dalam kesempatan ini menyapa semua perwakilan PMTI yang hadir antara lain dari Solo, Papua, Kalimantan, Makassar, Toraja, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Mamasa, Sulawesi Barat.

"Sesuai semangat awal para sesepuh Toraja yang mendirikan organisasi ini, PMTI adalah wadah perhimpunan masyarakat Toraja tanpa membeda-bedakan warna, agama, partai," Ketua Umum PMTI, Yulius Selvanus Lumbaa.

Yoseph Garo Rantetoding yang didampingi John Bari (Sekretaris Panitia) menambahkan, PMTI adalah wadah perkumpulan masyarakat Toraja tanpa membedakan agama.

"Mereka yang terhimpun dalam PMTI berasal dari masyarakat Toraja yang Kristen Protestan dan Katolik maupun masyarakat Islam Toraja. Dengan PMTI ini, tali kekerabatan yang bertumbuh berakar dan dipersatukan dalam tradisi, adat dan budaya Toraja menjadi makin kuat dan lestari," ungkap Yosep Garo.

Diketahui sejak dulu, orang Toraja sudah mengenal semboyan yang terkenal, yakni misa’ kada dipotuo, pantan kada dipomate yang artinya sama dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda, tetapi tetap satu.

Melalui wadah PMTI ini lanjut Yosep Garo, masyarakat diaspora Toraja di seluruh Nusantara maupun luar negeri, tetap bersatu dan bahu membahu membangun dan memajukan kampung halamannya di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

"Karena itu, kita berharap masyarakat Toraja di mana pun berada di Nusantara ini untuk tidak menunda waktu mendaftarkan diri dan bergabung dengan PMTI setempat," harap, Yosep Garo.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.