get app
inews
Aa
Read Next : 4 Korban Longsor di Palangka Tana Toraja Ditemukan, 1 Orang Meninggal Dunia!

Tanah Longsor Timbun Akses Jalan di Baruppu Toraja Utara, Satu Rumah Warga Terancam!

Rabu, 13 Maret 2024 | 10:21 WIB
header img
Personil Babinsa Koramil 1414/03 Rindingallo bersama warga berjibaku membersihkan longsor di Lembang Baruppu Utara, Rabu (13/3/2024). Foto: Istimewa

TORAJA UTARA, iNews.id - Badan jalan yang menghubungkan Lembang Baruppu Utara dan Lembang Baruppu Parodo, di Kecamatan Baruppu terputus akibat longsor pada, Rabu (13/3/2024).  

Tanah longsor di sebabkan karena hujan yang turun sejak sore hari secara terus menerus dengan intensitas yang tinggi, sehingga tanah di tebing yang berada di dusun Ponglamba, Lembang Baruppu Utara, tidak mampu menahan debit air hujan menjadi labil dan longsor.
 

Personil Babinsa dari Koramil 1414/03 Rindingallo bersama warga melakukan pembersihan material longsor dan membuka jalan darurat agar dapat dilalui olah warga yang melakukan aktivitas sehari-hari. 

"Iya benar terjadi longsor, untuk saat ini kendaraan roda empat dan roda dua tidak dapat melintas dikarenakan jalan tertimbun oleh material longsor berupa tanah setebal 50 cm. Kami bersama aparat lembang sementara melakukan pembersihan dan membuka jalan untuk bisa dilalui warga, sambil menunggu alat berat," ungkap Letda. Marthen, Dandramil 03 Rindingallo kepada iNews.id 
 


Lanjut Marthen pihaknya juga menghimbau salah satu warga yang rumahnya berada dekat dengan lokasi longsor agar berhati-hati akan adanya longsor susulan, mengingat curah hujan yang masih cukup tinggi mengguyur Toraja Utara sejak sepekan terakhir. 

"Kami sudah melakukan kordinasi dengan pemerintah setempat agar alat berat bisa di datangkan ke lokasi, dan menghimbau salah satu warga yang rumahnya dekat dengan lokasi longsor untuk tetap waspada terhadap longsor susulan," kata Letda. Marthen. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun material longsor menimbun jalan poros yang menghubungkan Lembang Baruppu Utara dan Lembang Baruppu Parodo, hingga saat ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat, sementara untuk kendaraan roda dua harus melintasi akses jalan darurat dibantu oleh warga dan aparat TNI.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut