Toraja Barat, Gubernur Sulsel: Kita Akan Lakukan Pemekaran Lagi!

Tim iNews Id
.
Rabu, 07 September 2022 | 20:12 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (kedua dari kanan) saat menghadiri puncak acara HUT Tana Toraja ke 65. Foto: Istimewa

TANA TORAJA, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyebut Toraja Barat pada sambutannya saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja di Bandar Udara Pongtiku, Rantetayo, beberapa waktu lalu.

Andi Sudirman Sulaiman dalam sela-sela sambutannya mencolek wacana pemekaran Toraja Barat. Menurutnya hal itu lebih diserahkan ke Tokoh-tokoh masyarakat dan terlebih Masyarakat Toraja Barat sendiri.

"Ia Toraja Barat lagi," sahutnya.

"Itu kita serahkan ke tokoh-tokoh dan masyarakat yang penting jangan pernah menghalangi kami untuk membangun, Om Rombe dulu waktu saya masih Wakil Gubernur bilang saya mau pemekaran lagi nih," tambah Gubernur Sulsel tersebut sambil tersenyum.

Ditanya Wartawan usai kegiatan, tanggapan Gubernur Sulsel terhadap wacana pemekaran tersebut menjawab dengan santai.

"Kalau itu kita tunggu bagaimana kerja teman-teman disini," ujarnya dengan nada menyemangati.

Sementara itu, Ketua Harian Panitia pemekaran DOB Kabupaten Welem Sambolangi' mengatakan bahwa secara tidak langsung Gubernur telah menyatakan dukungan terhadap rencana pemekaran tersebut.

"Kita tentunya melihat sangat positif, secara tidak langsung kepanitiaan pemekaran yang sudah kita bentuk ini bahkan sampai dilirik Gubernur. Secara tidak langsung ini Pak Gubernur menyatakan dukungan dan menyemangati kita," ujar Ketua DPRD 3 Periode tersebut.

Diketahui rencana pemekaran Kabupaten Toraja Barat ini sudah sejak beberapa tahun, dan kepanitiaan yang terbentuk merupakan kepanitiaan ketiga.

Sebelumnya, berkas Pemekaran Toraja Barat juga sudah pernah disodorkan ke Kemendagri bersamaan dengan berkas Kabupaten Toraja Utara.

Untuk diketahui, pada jumat 9 september 2022, mendatang akan digelar rapat akbar dan deklarasi dukungan pemekaran Toraja Barat di Ulusalu, Kecamatan Saluputti.

Editor : Jufri Tonapa
Bagikan Artikel Ini