Demi Pemerataan Pembangunan, Pemekaran Toraja Barat Daya Digaungkan!

Tim iNews Id
.
Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB
Tim Pembentukan Pemekaran Toraja Barat Daya, Minggu (18/9/2022). Foto: iNews Toraja

TORAJA UTARA, iNews.id - Demi Pemerataan Pembangunan, Wacana pembentukan Toraja Barat Daya kembali digaungkan pada Minggu (18/9/2022), di Restaurant Rimiko.

Sesuai SK Bupati Toraja Utara nomor 282/III/2021 pada 21 maret 2022.

Dimana susunan Tim Pembentukan tersebut yakni :

Ketua : Dan Pongtasik, SH

Sekretaris : Drs. Yakub Pongsendana

Anggota :

1. Samuel Matasak, SE

2. Marthen Tonapa Parrangan (Alm)

3. Agustinus Parrangan, S.Pt

4. Erni Demma Pali'

5. Drs Rede Roni Bare (Alm)

6. Ir Daniel Tandi

7. Drs Semuel Samperompon, MM

8. Neti Palin, SH, MH

9. Drs Yulianus Thevy Tondok

10. Drs Marthen L. Payung Allo, M.Si

11. Hatsen Bangri

12. Paulus Tangke

13. Soleman Tandi Bua

14. Edi Rantetasak

Dan Pongtasik, Ketua Tim Pembentukan Toraja Barat Daya. Foto: iNews Toraja

 

Menindaklanjuti hal tersebut, Ketua Tim Pembentukan Toraja Barat Daya mengatakan bahwa, rapat kali ini adalah rapat pertama tim pemekaran Toraja Barat Daya yang telah di SK kan oleh Bupati Toraja Utara pada 31 maret 2021 kemarin.

"Dari hasil rapat tadi kami kedepan akan menggelar kombongan, untuk mendeklarasikan keinginan masyarakat dari Toraja Barat Daya untuk mendirikan suatu Kabupaten yang mekar dari Toraja Utara, sebagai bentuk pendekatan pelayanan dan pemerataan pembangunan kepada masyarakat. Dan kami akan melakukan verifikasi terhadap sejumlah indikator-indikator persyaratan untuk berdirinya sebuah Daerah Otonomi Baru," ungkap Dan Pongtasik, Ketua Umum Tim Pembentukan DOB Toraja Barat Daya, Minggu (18/9/2022).

Dalam rapat tersebut juga melengkalapi kepanitianan yang sebelumnya tertuang dalam SK Bupati,  dimana Ir Daniel Tandi sebagai Ketua Harian Pemekaran Toraja Barat Daya, Ardi Lulun sebagai Wakil Sekertaris, Cornelia sebagai Bendahara.

Diketahui bahwa Toraja Barat Daya dalam kajiannya akan meliputi sejumlah kecamatan yakni Kecamatan Rindingallo, Awan Rantekarua, Baruppu, Buntu Pepasan, Sesean Suloara, Kapalapitu, dan Denpina serta Bangkelekila'.

Hadir juga dalam rapat tersebut yakni Nober Rante Siama Ketua DPRD Torut, Joni Sirande Anggota DPRD Torut, Anto Palimbong Wakil Ketua II KNPI Torut, Yaya Rundupadang, Brikken L Botting perwakilan PMTI, serta sejumlah undangan.

Editor : Jufri Tonapa
Bagikan Artikel Ini