get app
inews
Aa Read Next : Ketua IKaT Nusantara Frederik Kalalembang Lantik Pengurus IKAT Kaltara

IKaT Nusantara Resmi Terbentuk, Irjen. Pol. (Purn) Frederik Kalalembang Jadi Ketua Umum

Minggu, 02 Oktober 2022 | 18:03 WIB
header img
Irjen. Pol. (Purn) Frederik Kalalembang saat menerima Pataka IKaT Nusantara, Sabtu (1/10/2022). Foto: Istimewa

SANGTORAYAN, iNews.id - Sejumlah tokoh Toraja berpengaruh yang berasal dari beberapa kota di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Ikatan Keluarga Toraja (IKaT Nusantara), di Gedung Tribrata Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Acara yang berlangsung tersebut diikuti para utusan dari berbagai lembaga organisasi sosial kemasyarakatan Toraja se-Indonesia.

Organisasi ini dimaksudkan sebagai tempat berhimpun seluruh organisasi kerukunan kekeluargaan masyarakat Toraja dari berbagai wilayah di Nusantara dan Mancanegara.

​​​​​​"Ini sebagai wadah berhimpun seluruh organisasi kerukunan keluarga masyarakat Toraja yang ada di Indonesia dan Mancanegara, mari kita bergotong royong, saling membantu diberbagai bidang, untuk lebih baik lagi," Ungkap Irjen. Pol. (Purn) Frederik Kalalembang selaku Ketua IKaT Nusantara kepada iNews Toraja, Minggu (2/10/2022).

Naskah deklarasi kemudian ditandatangani oleh utusan dari beberapa organisasi kemasyarakatan dari berbagai daerah. Antara lain dari Kombongan Sangtorayaan Makassar, HIKMAT Bandung, IKAT Jabodetabek, IKAT Kabupaten Luwu, IKAT Luwu Timur, IKAT Malang, IKAT Tarakan, IKAT Tana Luwu, IKKT Batam, IKKT Probolinggo-Lumajang, IKT Asmat, IKT Merauke, IKT Papua, IKAT Malang dan lain-lain.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan latar belakang dan tujuan deklarasi IKaT Nusantara oleh Ketua Panitia, April Bulo. Seusai deklarasi tersebut, disepakati untuk melengkapi susunan kepengurusan IkaT Nusantara oleh Tim Formatur yang diketuai oleh Irjen Pol. Purn. Frederik Kala’lembang dan Dr. David Allorerung selaku sekretaris tim.

Sementara itu menurut perwakilan dari IKT Merauke, Irianto Sabar Gatang, mengatakan bahwa adanya IKaT Nusantara tidak akan mengubah status serta nama dari berbagai organisasi kerukunan orang Toraja yang telah ada sebelumnya.

“Adanya IkaT Nusantara, tidak akan mengubah status, eksistensi dan simbol-simbol serta nama dari berbagai organisasi kerukunan masyarakat Toraja yang sudah ada sebelumnya,” tandas Irianto.

Tokoh-tokoh Toraja yang hadir pada kesempatan itu antara Irjen Pol. Purn Frederik Kalalembang, mantan Bupati Tana Toraja Kol. Inf. Purn. Drs. Tarsis Kodrat, mantan Anggota DPD RI Litha Brent, mantan Anggota DPR RI Carol Yani Kadang, Ir. Jonathan Pasodung, MT, Yuli Parantean Bura, H. Annar Sampetoding, Ir. Bobby Sangka’, Ronny D. Tulak, Dr. David Allorerung, Ishak Pagalla, Dr. Edy Ratetasak, Alex Rantetoding, Emyati Tangke Lembang, Nemba Tangkeallo, Saltje Talamma’, H. Ramli Randa, Prof. Dr. Marthen Napang, drg. Ferry Latanna, Hendra Sinadia, SH, MBA dan lain sebagainya.
 

Selain itu juga ucapan selamat kepada IKaT Nusantara datang dari berbagai kalangan, seperti Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen. Pol. Nana Sudjana, Kapolres Tanah Toraja, AKBP. Juara Silalahi,Kapolres Toraja Utara, AKBP Eko Suroso, dan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, melalui Live Streaming.

Editor : Jufri Tonapa

Follow Berita iNews Toraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut